Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Pada Materi Zakat Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fiqih materi Zakat dapat diupayakan melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan tujuan tersebut dibuatlah rumusan masalah yaitu, apakah Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi Zakat pada siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi, pengumpulan data, tes, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini menggunakan dua siklus untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran Fiqih Materi Zakat pada siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Barat tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Barat Adapun hasilnya, dapat dilihat hasil belajar pada pra siklus dan pada siklus I dan II. Adapun hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 20 siswa (52,63%) tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 29 siswa (76,31%) tuntas (meningkat 24%) dan pada siklus II menjadi 28 siswa (100%) tuntas (meningkat 24%).
Keywords
peningkatan, hasil belajar, dan model CTL (Contextual Teaching And Learning.
Full Text:
PDFReferences
Nazir, M. (1983). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sadullah, U. (2014). Pedagogik (ilmu mendidik). Bandung: Alfabeta, CV
White, C. (2008). Innovation and Identity in Distance Language Learning and Teaching. Innovation in Language Learning and Teaching, 1(1), 97–110.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v28i1.17270
Article Metrics
Abstract view : 168 timesPDF - 284 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.