MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATAKULIAH FISIKA UMUM

Jurubahasa Sinuraya, Satria Mihardi

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah fisika umum melalui penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus dengan setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 35 mahasiswa yang mengambil matakuliah fisika umum di Prodi pendidikan fisika jurusan fisika, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas negeri medan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) serta instrumen tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar mahasiswa yang diberikan sebelum diberikan perlakukan (pretest) dan setelah diberikan perlakukan (posttest) untuk setiap satu siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis efektifitas N-Gain. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0.66. berdasarkan kriteria, penerapan model pembelajaran inquiry cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah fisika umum

Keywords


Model pembelajaran Inquiry Terbimbing, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Bilgin, I. 2009. The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students’ achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Scientific Research and Essay, 4(10), 1038–1046

Daryanto, 2014, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta : Gaya Media.

Eggen, P., & Kauchak, D. 2012. Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Justitia, V. S., & Supardi Z. A. I., 2015, Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Materi Elastisitas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kedamean Grasik, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4 (3), 71-76.

Kunandar, 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Riskawati, Andriani, A. A., 2016, Analisis Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Fisika Dasar I dengan Menggunakan Scientific Approach pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar, Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (1), 79-91

Sarwi & Khanafiyah, S., 2010, Pengembangan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Fisika Melalui Eksperimen Gelombang OpenInquiry, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1), 115-122.

Scott, B. C., Tomasek, T., Matthews, C. E., Tomasek, T., & Matthews, C. E. 2010. Thinking Like a Ssssscientist! Fear of Snakes Inspires a Unit on Science as Inquiry. Science and Children, 48 (1), 38– 42.

Wahyudin & Sutikno. 2010. Kefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1): 32- 38.

Wahyuni, R., Hikmawati, Taufik, M., 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (4), 164-169.

Wijayanti, P. I., Mosik, M., & Hindarto, N. 2016, Eksporasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 1-5.

Zani, R., dlim, Safitri, R., 2018, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2 (2), 56-63




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i2.17636

Article Metrics

Abstract view : 316 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.