MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATAKULIAH FISIKA UMUM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bilgin, I. 2009. The effects of guided inquiry instruction incorporating a cooperative learning approach on university students’ achievement of acid and bases concepts and attitude toward guided inquiry instruction. Scientific Research and Essay, 4(10), 1038–1046
Daryanto, 2014, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013, Yogyakarta : Gaya Media.
Eggen, P., & Kauchak, D. 2012. Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Justitia, V. S., & Supardi Z. A. I., 2015, Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pada Materi Elastisitas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kedamean Grasik, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4 (3), 71-76.
Kunandar, 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Riskawati, Andriani, A. A., 2016, Analisis Kemampuan Menggunakan Alat Ukur Fisika Dasar I dengan Menggunakan Scientific Approach pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar, Jurnal Pendidikan Fisika, 6 (1), 79-91
Sarwi & Khanafiyah, S., 2010, Pengembangan Keterampilan Kerja Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Fisika Melalui Eksperimen Gelombang OpenInquiry, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1), 115-122.
Scott, B. C., Tomasek, T., Matthews, C. E., Tomasek, T., & Matthews, C. E. 2010. Thinking Like a Ssssscientist! Fear of Snakes Inspires a Unit on Science as Inquiry. Science and Children, 48 (1), 38– 42.
Wahyudin & Sutikno. 2010. Kefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1): 32- 38.
Wahyuni, R., Hikmawati, Taufik, M., 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (4), 164-169.
Wijayanti, P. I., Mosik, M., & Hindarto, N. 2016, Eksporasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya Dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 1-5.
Zani, R., dlim, Safitri, R., 2018, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2 (2), 56-63
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i2.17636
Article Metrics
Abstract view : 344 timesPDF - 293 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.