MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bamboo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan Pancasila sebagai Dasar Negara di kelas VIII SMP Negeri 1 Tarutung. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan observasi belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I yang dilakukan peneliti dengan guru Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarutung terhadap 30 orang siswa terdapat 24 orang siswa (80%) yang memiliki minat belajar yang kurang dan 6 orang siswa (20%) yang memiliki minat yang cukup dan memiliki nilai rata – rata sebesar 44 (55%), sedangkan pada siklus II memiliki nilai rata-rata sebesar 69 (87%). Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pancasila sebagai Dasar Negara di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarutung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. New York: Prantice Hall.
Arikunto, S.. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Bahri, S. dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo
Lumbantoruan, D. dan Sirait, M. 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor, , Inovasi Pembelajaran Fisika, Vol. 4, No.4.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana Sirait, M dan Noer, P.A, 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa, Inovasi Pembelajaran Fisika, Vol. 1, No.3.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i2.17638
Article Metrics
Abstract view : 220 timesPDF - 313 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.