MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU

Tioman Aritonang

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bamboo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan Pancasila sebagai Dasar Negara di kelas VIII SMP Negeri 1 Tarutung. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan observasi belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I yang dilakukan peneliti dengan guru Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarutung terhadap 30 orang siswa terdapat 24 orang siswa (80%) yang memiliki minat belajar yang kurang dan 6 orang siswa (20%) yang memiliki minat yang cukup dan memiliki nilai rata – rata sebesar 44 (55%), sedangkan pada siklus II memiliki nilai rata-rata sebesar 69 (87%). Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pancasila sebagai Dasar Negara di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarutung.


Keywords


Minat belajar, Kooperatif, Tari Bambo.

Full Text:

PDF

References


Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. New York: Prantice Hall.

Arikunto, S.. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Bahri, S. dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Lumbantoruan, D. dan Sirait, M. 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor, , Inovasi Pembelajaran Fisika, Vol. 4, No.4.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung : Kencana Sirait, M dan Noer, P.A, 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa, Inovasi Pembelajaran Fisika, Vol. 1, No.3.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i2.17638

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 313 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.