PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN DI MTsN ACEH BARAT

Cut Putri Akmalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran make a match pada mata pelajaran Prakarya aspek pengolahan di MTsN 3 Aceh Barat dan meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran make a match pada pembelajaran prakarya aspek pengolahan siswa kelas VIII -E di MTsN 3 Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif menggunakan model spiral Kemmis dan Taggart dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-E sejumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes kognitif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Metode pembelajaran make a match yang diterapkan sesuai dengan sintak make a match dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, guru berperan sebagai pengajar yang memantau proses pembelajaran, sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian penerapan metode pembelajaran make a match ini dapat diketahui bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II yaitu mencapai 100% dan meningkatkaan hasil belajar. Pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,81 dan ketuntasan klasikalnya sebesar 76,31%. Sedangkan pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata sebesar 84 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 95%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar prakarya aspek pengolahan pada siswa kelas VIII-E di MTsN 3 Aceh Barat

Keywords


Hasil belajar, pembelajaran make a match, prakarya aspek pengolahan

Full Text:

PDF

References


Aditama Tim Pengembang MKDP. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Arikunto, S. dan Supardi. S., 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Curran, Lorna. 1994. Lessons for Little Ones: Language Arts: Cooperative Learning Lessons. Kagan Cooperative Learning

Ditjen POM. 2001. Kebijakan Nasional. Pengembangan Obat Tradisional. Jakarta: Departemen Kesehatan RI

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Heinich, Robert, et.al. 1996. Instructional Media and Technologies for Learning (5 ed). New Jersey: Simon & Schuster Company Engelewood Cliffs

Huda, Miftahul. 2012. Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyatiningsih, E., 2011. Riset Terapan. Yogyakarta: UNY Press Ngalim Purwanto. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Jakarta: Nusa Media

Sirait, M dan Noer,P.A, 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inpafi, Vol. 1, No. 3. hal. 252-259

Sudjono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Sugiyanto. 2013. Prakarya untuk SMP/MTS Kelas VII. Yogyakarta: Erlangga

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Sukmadinata,

Nana Sy & Erliany Syaodih. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika

Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i2.17640

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.