PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI ZAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VIII-A MTS NEGERI 1 ACEH BARAT

. Daswati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fiqih materi Zakat melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Aceh Barat. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode observasi, pengumpulan data, tes, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini menggunakan dua siklus untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran Fiqih Materi Zakat pada siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Negeri 1 Aceh Barat. Adapun hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 20 siswa (52,63%) tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 29 siswa (76,31%) tuntas (meningkat 24%) dan pada siklus II menjadi 28 siswa (100%) tuntas (meningkat 24%).

Keywords


Peningkatan, Hasil belajar, dan Contextual Teaching and Learning

Full Text:

PDF

References


Afifudin, dan Beni Ahmad Saebeni. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S., 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, S., 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arikunto, S., dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin. 2009. Puasa Ramadhan Bagi Orang Sibuk. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dimyati, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S.B.,. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djazuli, A. 2010. Ilmu Fiqih: Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam. Jakarta: Prenada Media

Edi Purwanto & Siti Safuroh. 2007. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama.

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Ibnu Mas’ud, dan Zainal Abidin, 2007. Fiqih Mazhab Syafii, Bandung: pustaka setia. Isjoni, 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Johnson, W. David dkk. 2004. Colaborative Learning. Terjemahan oleh Narulita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media

Koto, Alaiddin. 2004. Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning : Mempratikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo

Lumbantoruan, D dan Sirait, M., 2016, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor, Jurnal Inpafi, Vol. 4, No. 4.

Nazir, Moh. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nilawati. 2007. Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Dalam Meningkatkah Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Zakat Fitrah di MTS Nurussalam, Reak, Tanak Awu, Pujut, Lombok Tengah. Skripsi.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Purwanto, Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Remadja Karya.

Sadullah, Uyoh. 2014. Pedagogik (ilmu mendidik).Bandung: Alfabeta,cv

Sudarko,2009. Fiqih untuk MTs .Semarang: Aneka ilmu. Silbermen, Nana. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani

Sriyanti,Lilik dkk. 2009. Teori-teori Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i2.17641

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 690 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.