PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VII MTSN 1 ACEH BARAT

. Novizar

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa menulis teks cerpen karena pembelajaran seorang guru yang terlalu monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerpen yang diajar menggunakan model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Barat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIIB yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa tes essai yaitu menulis teks cerpen. Berdasarkan analisis data diperoleh kemampuan menulis teks cerpen kelompok eksperimen memperoleh nilai akhir di kategori baik sekali karena 15 siswa mendapatkan nilai antara 80-100 (41,67%), dan kelompok kontrol memperoleh nilai akhir di kategori baik sekali karena 14 siswa mendapatkan nilai antara 80-100 (38,89). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji t diperoleh thitung> ttabel atau 7,2>1,99. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran experiential learning terhadap kemampuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas VII MTsN 1 Aceh Barat.

Keywords


Model, Experiential Learning, Cerpen.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2013. Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Depag, RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Asy Syifa.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia: edisi ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka

Husnul, Ade. 2010. Belajar Menulis Cerpen. Bogor: Reka.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Kosasih. 2003. Menulis Cerpen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Priyatni, Endah Tri 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Ruseffendi. 2005. Model Pembelajaran Konvensional. Medan: Media persada

Sudijono, anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: PT.Tarsito

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & I. Bandung : Alfabeta.

Tilaar H.A.R. 2012. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Pt.Rineka Cipta : Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i2.17644

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.