ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA MASA DARURAT COVID 19

Irwan ., Fauqa Nuri Ichsan, Nurhizrah Gistituati, Sufyarma Marsidi

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Jenis metode deskriptif yang dilakukan yaitu penelitian perpustakaan. Penelitian perpustakaan merupakan kegiatan mengamati berbagai literatur yang berhubungan dengan pokok permasalahan yang diangkat baik itu berupa buku, makalah ataupun tulisan yang sifatnya membantu sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam proses penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan, (2) dampak dari sistem pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi siswa, (3) kendala dalam penerapan sistem pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pembelajaran jarak jauh ini masih memiliki banyak kendala seperti peralatan yang kurang memadai dan koneksi internet yang buruk, selain itu peningkatan keberhasilan pembelajaran masih kecil dan tidak efektif.

Keywords


Analisis Kebijakan; Pembelajaran; masa darurat; Covid 19

Full Text:

PDF

References


BBC News Indonesia. (2020). Covid-19: Kajian Kasus di Wuhan Muncul Sejak Akhir Agustus, China Sebut Gasil Itu “Sebagai Hal yang Konyol.” Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/dunia-52977852

Masrul, dkk, Pandemik Covid-19: Persoalan Dan Refleksi Di Indonesia (Surabaya: Yayasan Kita Menulis, 2020)

Efendi, Ahmad Faizin dan David, Membaca Korona: Esai-Esai Tentang Manusia, Wabah, Dan Dunia (Grresik: Caremedia Comunication, 2020)

Herliandry, Luh Devi, Dkk, pembelajaran pada masa pandemic covid-19, Jurnal Teknologi Pendidikan, 22.1(2020), 67-68

Idrus, L, ‘Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran’, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9.2 (2019), 920–35 https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Majid, Abd, Analisis Kebijakan Pendidikan, ed. by Alviana Cahyanti, 1st edn (Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru, 2018)

Muhardi, ‘KONTRIBUSI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BANGSA INDONESIA’, XX.4 (2005), 478–92 https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/download/153/pdf

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Bandung: Alfabeta CV, 2009)

Ni’mah, Faiqotul Izzatin, ‘Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling “Sekolah Dolan"’, Manajemen Pendidikan, 25 (1) (2016), 112–19.

Suyahman, ‘Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah’, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6 (2016), 1047–54 https://media.neliti.com/media/publications/120772-ID-analisis-kebijakan-pendidikan-gratis-di.pdf

Taufik, Ali, ‘Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur’, Jurnal Pendidikan & Konseptual, 3.2 (2019), 88–98

Yue, X., Shao, X., Yi, R., Li, M., Crabbe, M. J. C., Mi, L., … Liang, G. (2020). Risk Management Analysis for Novel Corona virus in Wuhan, China. Journal of Risk and Financial Management, 13(22), 1–6.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istiningsih, A., Mawardi and Permata, H. K. I. (2019) ‘Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping’, Edukasi Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 11(1), pp. 1–16.

Mardiana, T. and Purwandari, S. (2018) ‘Pengembangan Desain Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Matematika SD Untuk Tipe Kecerdasan Interpersonal Naturalis Dan Logika’, MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), pp. 126–142.

Puspitasari, A., Hermahayu and Purnanto, A. W. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Dengan Media Hide And Seek Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA’, Edukasi Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 10(2), pp. 137–148.

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prrenada Media Group.

Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.26432

Article Metrics

Abstract view : 253 times
PDF - 583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.