IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA DI SD DENGAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS MASALAH

Adi Suarman Situmorang

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual untuk pengajaran matematika melalui strategi pemberian LKS berbasis masalah di Sekolah Dasar (SD) dan dilanjutkan dengan penelusuran landasan teoritik dan empirik agar dapat dipergunakan sebagai dasar untuk memecahkan masalah kurangnya pemahaman matematis siswa Sekolah Dasar, sehingga siswa memiliki literasi tentang sains dan teknologi. Implementasi pembelajaran kontekstual ini merupakan salah satu inovasi desain pembelajaran yang mengarah pada paradigma konstruktivisme yang mengacu pada kurikulum 2013. Pada hakekatnya, pembelajaran ini tidak akan menjadikan siswa Sekolah Dasar sebagai ahli dalam bidang sains khususnya matematika tetapi untuk mempersiapkan siswa untuk memiliki kemampuan pemahaman matematis dan berpikir logis sesuai dengan pemikiran inkuiri keilmuan. Dengan pembelajaran ini, siswa juga diharapkan mampu memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya sehingga siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan kemapuan pemahaman konsep matematis. Dengan kata lain, sisiswa memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam menghadapi tantangan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.
Kata kunci: Pembelajaran kontekstual, LKS berbasis masalah, matematika, SD.

Keywords


Pembelajaran kontekstual, LKS berbasis masalah, matematika, SD.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Zainal Arifin (2012). Perencanaan Pembelajaran dari Desain Implementasi. Yogyakarta: Padagogia

Alwasilah, A. Chaedar. (2006). Pokoknyarepository.upi.edu/operator/upload/bibliography. Arikunto, Suharsimi (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. -------------, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi VI). Jakarta Rineka Cipta

Edi, (2003). Kajian Teori untuk LKS dalam Penelitian Pendidikan http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2297537-kajian-teori-untuklks dalam/ #ixzz2Ew0VfzFT

Mulyasa, (2003). Implikasi Pendekatan Kompetensi terhadap Pembelajaran www.referensimakalah.com/implikasi-pendekatan-kompetensi.html

Hadari Nawawi, (1983). Pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual. www.jurnal.untan.ac.id/index.php/jpun/article/download/151/150 Harjono, (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta Rineka

Iskandar, (2009), Pendekatan Kontekstual www.widyasaripress.com

Ipotes. Wordpress.com/2008/05/13/Pendekatan Kontekstual James Dean Brown - Google Sites (Maret2012)http://www.google.co.id/search?q=Brown+james+dean

Juliantara, Ketut (2009). Media Pembelajaran : Arti, Posisi, Fungsi, Klasifikasi dan Karakteristiknya, http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/18/mediapembelajaran-arti-posisi-fungsi-klasifikasi-dan-karakteristiknya/ Muhith, Saekhan. (2008), Pembelajaran Kontekstual. RaSAil Media Group Meier, Dave (2005). The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti Bandung: Kaifa.

Mulyasa, (2003). Authentic Assessment dan Pembelajaran Inovatif http://fe.um.ac.id/wp-content/ uploads/2010/03/Assessment-P-Agung.pdf

Nova P, Anggriawan, (2012). Konsep Media Pembelajaran dan Sumber Belajar, http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/12/konsep-media-pembelajaran-dansumber-belajar/

Nurhadi, (2003). Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Metode Inkuiri. https://docs.google.com/document/d/1k6zxJK6zeJ9I2SNIDk4UJ88.../edi

Piaget dan Vygotsky, (2012). Perbedaan Antara Teori tentang penelitian tindakan kelas. http://blogspot.com/.../perbedaan-antara-teori-piaget-dan-teori.html

Purwanto Edi, (2011). Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan karya-ilmiah. http://um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/13806

Rusefendi, Hutagaol, (2007), Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan http://sydney19.files.wordpress.co




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v20i1.3073

Article Metrics

Abstract view : 296 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

slot gacor slot