PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA TINGKAT SD DI MASA PANDEMI

Lusita agustiari Putri, Nafiah ., Suharmono Kasiyun, Sunanto .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam pembelajaran daring di SDN Kutisari II/269 Kota Surabaya, serta untuk menganalisis hambatan orang tua siswa di SDN Kutisari II/269 Kota Surabaya dalam mendampingi pembelajaran daring. Data yang digunakan oleh peneliti ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada 7 guru kelas dan 10 orang tua siswa SDN Kutisari II/269 Kota Surabaya. Metode yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan ke 3 teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring tentunya merupakan hal yang sangat penting bagi siswa. Karena anak-anak masih perlu didampingi oleh orang tua saat pembelajaran daring dan penggunaan handphone. Serta terdapat hambatan yang dirasakan oleh para orang tua saat mendampingi anak belajar secara daring. Secara umum, penelitian yang dilakukan untuk menganalisis peran orang tua dan menganalisis hambatan orang tua membuktikan ke 3 teknik pengumpulan data ini terdapat peran orang tua dalam pembelajaran anak sangat penting, sangat berpengaruh dan tentunya anak-anak masih perlu pendampingan dari orang tua.

Keywords


peran orang tua; pembelajaran daring; hambat

Full Text:

PDF

References


Cahyati, Nika. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1).

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Khairani, W. 2019. Peran Orang tua Terhadap Penggunaan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar). Lampung: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung.

Ni'mah. 2016. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Palangka Raya: Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.

Sofyana, L., dkk. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidik, 8(1).

Kemenristekdikti. 2017. Buku Panduan Pengisian Survei Pembelajaran dalam Jaringan. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia No 35 Tahun 2014.

Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.

Valeza, A. R. 2017. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Lampung: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v28i1.32724

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.