ADAPTASI MODEL ADiK (AKTIF, DISKUSI, DAN KREATIF) DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI

Nana Ronawan Rambe, Wa Mirna

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengenalkan model pembelajaran ADiK (Aktif, Diskusi, dan Kreatif) dalam proses pembelajaran menulis teks eksplanasi. Model ini diadaptasi dari dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran Environmental Learning. Model pembelajaran ADiK lebih menekankan pada keaktifan dan kreatifitas siswa yang dihasilkan melalui pengamatan terhadap lingkungan sehingga menumbuhkan kecintaan siswa terhadap lingkungan sekitarnya. Hasil penelitian terbagi atas tiga diantaranya, (1) konteks pemakaian dan sarana pendukung dalam model pembelajaran ADiK, (2) contoh aplikasi model pembelajaran ADiK dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, dan (3) implementasi model pembelajaran Adik dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MAN 1 Ambon.

Keywords


Adaptasi model Adik; lingkungan; siswa MAN 1 Ambon

Full Text:

PDF

References


Agusta, I. 2003. Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Surabaya: Universitas Airlangga.

Barnawi & M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Creswell, J. 2009. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Terjemahan dari Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v28i1.33149

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.