IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA DALAM MATA KULIAH LANDASAN PENDIDIKAN PGSD FIP UNIMED MEDAN

Sorta Simanjuntak, Nasrun .

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitifmahasiswa PGSD, dan meningkatkan kemampuan profesional dosen melakukanperkuliahan yang menantang bagi peningkatan kemampuan  kognitif mahasiswamelalui strategi pembelajaran inquiri (SPI). Penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas. Populasi semua  mahasiswa PGSD yang mengikuti mata kuliahLandasan Pendidikan sebanyak 185 orang. Sampel sebanyak 25% dengan sampelkluster dan diperoleh kelas A dan C sebanyak 60 orang. Berdasarkan analisis datayang dilakukan,  dari 60 orang  mahasiswa sebelum tindakan yang mendapat nilaiA dan B  pada aspek ingatan ada 58%, setelah tindakan I menjadi 92% dan setelahtindakan II meningkat menjadi  100%;  pada aspek  pemahaman  sebelum tindakanada 44%, setelah tindakan I menjadi 83% dan setelah tindakan II meningkatmenjadi 92%;  pada aspek aplikasi sebelum tindakan ada 13%, setelah tindakan Imenjadi 75% dan setelah tindakan II meningkat menjadi  88%; pada aspek analisissebelum tindakan ada 3%, setelah tindakan I menjadi 67% dan setelah tindakan IImeningkat menjadi  90% ; pada aspek sintesis sebelum tindakan tidak ada setelahtindakan I menjadi 60% dan setelah tindakan II meningkat menjadi 88%. Prosespembelajaran dengan strategi inquiri pada siklus I oleh dosen tergolong baik dengannilai 2,9. Pembelajaran oleh mahasiswa tergolong sedang dengan nilai 2,43. Setelahsiklus II pembelajaran meningkat oleh dosen menjadi sangat baik dengan nilai 3,44dan oleh mahasiswa sangat baik dengan nilai 3,31. Strategi inquiri dapatmeningkatkan kemampuan kognitif dalam aspek ingatan, pemahamanan, aplikasi,analisis dan sintesa secara holistik.

Keywords


Strategi pembelajaran inquiri, kemampuan kognitif mahasiswa, Proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Asih, (2009), Modul Psikologi Kognitif,

Unimed, Medan

Dimyati, Dkk (2002), Belajar dan Pembelajaran,

Rineka Cipta, Jakarta

Dewi, Rosmala. (2009), Bahan Ajar

Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian

Tindakan Kelas, PPs Unimed, Medan

Hamalik, Oemar, (2008), Kurikulum dan

Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta

Badan

Hamalik, Oemar.( 2001). Proses Belajar

Mengajar.Bandung : Yrama Widya.

Kunandar.( 2008). Penelitian Tindakan Kelas

.Jakarta : Raja Grafindo Persada

Melvayetty, dkk. (2011), Bahan Ajar Psikologi

Pendidikan, Unimed Medan

Mahmud, Dimyati, (1990), Psikologi

Pendidikan: Suatu pendekatan Terapan.

Yogyakarta,BPFE

Sardiman, (2009), Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta : Rajagrafindo

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning:

Teori & Aplikasi Pakem: Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Sanjaya , Wina (2003), Strategi Pembelajaran

Beriorentasi Standar Proses Pendidikan,

Kencana Prenada Media Group,

Jakarta

Soemanto, Wasty, (1983), Psikologi Pendidikan,

Malang, Rineka Cipta .

Siegel, Signey (1988), Statistik Nonprametrik,

Jakarta, Gramedia, .Kencana Prenada

Media

Sagala, Syaiful, (2003), Konsep dan Makna

Pembelajaran Untuk Membantu

Memecahkan Problematika Belajar dan

Mengajar, Alfabeta, Bandung

Syah, Muhibbin, (2004), Psikologi Pendidikan

Dengan Pendekatan Baru, Remaja

Rosda Karya, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v21i2.3368

Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)