PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN DARING GURU

Awaludin Fitra, Erwin Panggabean, Martua Sitorus

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran daring melalui peranan kepala sekolah di SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 17 orang guru dan 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mambandingkan hasil pada kondisi awal hasil siklus I dan siklus II. Hasil menunjukkan bahwa hasil penilaian terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran daring menunjukkan hasil yang kurang baik yaitu 62,65% dengan kriteria cukup. Sedangkan aktifitas siswa menunjukkan hasil yaitu 45,6% dengan kriteria kurang. Pada siklus II hasil penilaian terhadap kemampuan guru dalam pembelajaran daring menunjukkan hasil yaitu 82.35% dengan kriteria baik, Sedangkan aktifitas siswa menunjukkan hasil yaitu 78.4% dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa pentinganya peran kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran daring terhadap 17 orang guru dinyatakan berhasil dengan memberikan pemahaman dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring. Dan dalam mengingkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran daring, kepala sekolah melakukan beberapa upaya yaitu kepala sekolah berperan sebagai pendidik, innovator, dan motivator. Dengan usaha-usaha yang dilakukan kepala sekolah berharap proses pembelajaran daring yang dilakukan dengan efektif dan mampu mengingkat hasil belajar peserta didik yang lebih baik.

Keywords


Kepala Sekolah; Guru; Pembelajaran; Daring

Full Text:

PDF

References


N. R. Yahdiyani, A. R. Muna, S. Nurjanah, and S. Wahyuni, “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan,” J. Educ. Psychol. Couns., vol. 2, no. 1, pp. 327–336, 2020, [Online]. Available: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/484.

N. Rohman, “Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di Sdut Bumi Kartini Jepara,” Tarbawi J. Pendidik. Islam, vol. 14, no. 2, 2017, doi: 10.34001/tarbawi.v14i2.625.

W. Wagiyem, “Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas,” J. Educ. Action Res., vol. 4, no. 4, p. 493, 2020, doi: 10.23887/jear.v4i4.28646.

R. Septrisia, F. Monia, and ..., “Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah Di Sd It Haji Ddjalaluddin,” … dan Manaj. …, no. 2, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/232.

A. Fitra, M. Sitorus, D. C. Parulian Sinaga, and E. A. P. Marpaung, “Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP,” J. Pengabdi, vol. 3, no. 2, p. 101, Oct. 2020, doi: 10.26418/jplp2km.v3i2.42387.

D. Asang, “Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh melalui Kegiatan Pendampingan di UPT SMK Negeri 8 Luwu,” J. Didakt., vol. 9, No. 4, no. 4, pp. 439–450, 2021.

A. N. Suryani, “Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Potensi Guru Melalui Bimbingan Pembuatan Media Pembelajaran Dari Limbah Anorganik,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 6, no. 1, pp. 14–24, 2020, doi: 10.31949/educatio.v6i1.204.

D. E. Kharismawati, “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah,” Ilmu Pendidik. J. Kaji. Teor. dan Prakt. Kependidikan, vol. 4, no. 1, pp. 19–28, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/jkpp/article/view/3302.

M. Fitrah, “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” J. Penjaminan Mutu, vol. 3, no. 1, p. 31, 2017, doi: 10.25078/jpm.v3i1.90.

Dedi Lazwardi, “PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU,” J. Al-Idarah, vol. 6, no. 2, pp. 139–157, 2016.

M. Danang Rizky Permadani, Maisyaroh, “KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBUATAN KEPUTUSAN.” pp. 320–326, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v28i2.37011

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.