PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL ASSURE

Hikmah Salsyabila Aulia, Tin Rustini, Yona Wahyuningsih

Abstract


Pendidikan seringkali berlangsung di bawah bimbingan para pendidik; Namun, peserta didik juga dapat mendidik diri mereka sendiri. Pendidikan dapat berlangsung dalam pengaturan formal atau informal, dan setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara seseorang berpikir, merasa, atau bertindak dapat dianggap pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa sekolah dasar melalui penerapan model ASSURE. Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan kegiatan belajar mengajar dengan model ASSURE dan konvesional. Penelitian yang dilakukan dalam artikel ini merupakan penelitian kuantitatif dimana penelitian mengambil data dari sumber terpercaya yang sudah ada dan relevan. Simpulan dari penelitian ini adalah model ASSURE dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.


Keywords


Model ASSURE, Model Desain Pembelajaran, IPS.

Full Text:

PDF

References


A. Asyafah, “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam),” TARBAWY Indones. J. Islam. Educ., 2019, doi: 10.17509/t.v6i1.20569.

A. Rehalat, “Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi,” J. Pendidik. ILMU Sos., 2016, doi: 10.17509/jpis.v23i2.1625.

Hairiah, “Model Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Indonesia,” J. Instr. Dev. Res., 2021, doi: 10.53621/jider.v1i1.15.

A. R. Mansyur, “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia,” Educ. Learn. J., 2020, doi: 10.33096/eljour.v1i2.55.

A. N. Puthree, D. W. Rahayu, M. Ibrahim, and M. S. Djazilan, “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring,” J. Basicedu, 2021.

R. Melina, R. Y. Hasibuan, P. T. Armita, N. Hasanah, A. N. Alasindo, and Y. Yusrizal, “Analisis Permasalahan Pembelajaran di Masa Pandemi di SMA Negeri 1 Panai Tengah,” J. Penelit. Inov., 2022, doi: 10.54082/jupin.40.

D. Herdiana, R. Rudiana, and S. Supriatna, “Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya,” Edunesia J. Ilm. Pendidik., 2021, doi: 10.51276/edu.v2i1.128.

D. Kim and S. Downey, “Examining the Use of the ASSURE Model by K–12 Teachers,” Comput. Sch., 2016, doi: 10.1080/07380569.2016.1203208.

J. R. Bajracharya, “Instructional Design and Models: ASSURE and Kemp,” J. Educ. Res., 2019, doi: 10.3126/jer.v9i2.30459.

R. Iskandar and F. F, “Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.468.

H. Baharun, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE,” Cendekia J. Educ. Soc., 2016, doi: 10.21154/cendekia.v14i2.610.

A. Muzakki, H. S. Zainiyati, D. C. Rahayu, and H. Khotimah, “Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits,” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, 2021, doi: 10.30868/ei.v10i01.1169.

B. Baran, “Experiences from the Process of Designing Lessons with Interactive Whiteboard: ASSURE as a Road Map,” Contemp. Educ. Technol., 2020, doi: 10.30935/cedtech/6039.

B. Purwanti, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure,” J. Kebijak. dan Pengemb. Pendidik., 2015.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.41734

Article Metrics

Abstract view : 194 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot