MEDIA MASSA: PROSES SOSIALISASI, KULTUR, DAN PENDIDIKAN INDONESIA

Josephine Halcynon Sinaga

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan bagaimana media massa adalah salah satu agen yang berperan penting dalam proses kultur, sosialisasi, dan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan kajian literatur sebagai metode penelitiannya, terkait dengan media massa di Indonesia dalam proses kultur, sosialisasi, dan pendidikan Bangsa Indonesia. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa kondisi sosialisasi yang terbentuk dari media massa dan sosial pada saat ini belum sesuai dengan nilai luhur, sehingga kultur dan pendidikan di Indonesia masih belum sesuai dengan identitas Bangsa Indonesia. Dengan kemudahan penyebaran informasi dan komunikasi pada era 5.0 ini, memudahkan manusia dalam saling bertukar informasi, sehingga dalam beraktivitas sehari-hari sampai kepada mengembangkan dan memajukan peradaban manusia. Tetapi kemudahan ini memang mempunyai efek negatif, seperti mudahnya dalam penyebaran hoax, kultur seperti tata krama dan moral yang dapat dikategorikan semakin mundur dan tidak sesuai dengan dengan identitas Bangsa Indonesia sendiri. Media massa dan media sosial dapat dijadikan sarana dalam proses pendidikan yang berjalan sepanjang hayat seharusnya dapat membangun mindset yang sehat sehingga setiap rakyat Indonesia dapat memiliki sikap yang mawas diri yang sesuai dengan identitas nasional dari Bangsa Indonesia sendiri. Dengan adanya kebijakan yang tepat dari pemerintah serta kontribusi dari setiap lapisan masyarakat di Indonesia terhadap isi konten dari media massa dan dalam penggunaan media sosial, maka Indonesia Emas bukan hanya kiasan, tetapi merupakan impian yang dapat diraih oleh Bangsa Indonesia.

Keywords


Media Massa, Media Sosial, Sosialisasi, Kultur, Pendidikan, Identitas Bangsa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). KBBI Kemendikbud. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/

Aula, S. K. N. Potret Diskriminasi Terhadap Kelompok Minoritas Ahmadiyah di Media Online. Religi: Jurnal Studi Agama-agama, 17(2), 1-16

Batoebara, M. U. (2017). Media Televisi Sebagai Agen Sosialisasi Dalam Aksi 212 Damai. Warta Dharmawangsa, (52)

Delpa, D., & Elysia, E. (2022). Etika Pengguna Sosial Media di Kalangan Siswa SMA di Kota Padang, Sumatera Barat. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 37-44

Makhshun, T., & Khalilurrahman, K. (2018). Pengaruh Media Massa dalam Kebijakan Pendidikan. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 57-68

Santosa, B. A. (2017). Peran media massa dalam mencegah konflik. Jurnal Aspikom, 3(2), 199-214

Triyaningsih, H. (2020). Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Virus Corona (Studi Kasus; Masyarakat di Pamekasan). Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Dakwah, 1(1), 1-13.

Bappenas. (2022). Ringkasan Eksekutif Visi Indonesia 2045. https://perpustakaan.bappenas.go.id/e-library/file_upload/koleksi/migrasi-data-publikasi/file/Policy_Paper/Ringkasan%20Eksekutif%20Visi %20 Indonesia%202045_Final.pdf




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i1.42274

Article Metrics

Abstract view : 595 times
PDF - 1962 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot