MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH TERMODINAMIKA

Makmur Sirait, Usler Simarmata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran e-learning pada mata kuliah Termodinamika di Jurusan Fisika FMIPA Unimed Medan. Penelitian  ini dilakukakan dengan membuat handout dari mata kuliah Termodinamika dengan Power Point, kemudian diupload ke dalam Sistem Portal E-learning (Sipoel) Unimed. Mahasiswa mendaftar ke sipoel agar dapat mendownload setiap saat materi yang ada di Sipoel tersebut. Mahasiswa dibuat tugas dan dibuat dalam bentuk elektronik. Dalam setiap pertemuan dibahas kendala dan materi yang kurang dipahami. Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa terhadap materi yang disajikan dibuat soal dan dilakukukan pretes, tes formatif dan postes. Hasil pretes diperoleh nilai rata-rata 48,32 dan simpangan baku 9,80; nilai rata-rata postes 81,02 dan simpangan baku 4,90. Jika dibandingkan antara nilai pretes dan postes, didapat peningkatan hasil belajar sekitar 67%.  Sedangkan bila dibandingkan dengan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 78, maka diperoleh peningkatan sebesar 4 %. Hasil pendapat tentang model pembelajaran e-learning yang disusun, diperoleh kesimpulan bahwa model ini sudah dapat digunakan salah satu model pembelajaran di Jurusan Fisika khususnya dalam mata kuliah Termodinamika. Model pembelajaran e-learning ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi Termodinamika dan dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Keywords


Model, E-learning, Termodinamika

Full Text:

PDF

References


Allesi,S.M. dan Trollip,S.R. (1985), ComputerBased Instruction : Methods and Developments, Englewood Cliffs, Prentice-Hall,Inc. Arsyad, A, (2003), Media Pengajaran, Jakarta, Raja Grafindo Persada. Anderson,R.H.,(1986), Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran, Jakarta, Rajawali Pers. Delio, (2000), Report: Online Training ‘Boring’, Wired News, Tersedia pada www.wired.com/news/business/0,1367, 38504,00.html. Diakses pada tanggal 20 Maret 2008.

Dublin, (2003), Implementing e-Learning: getting the most from your elearning investment, the ASTD International Conference, May 2003. Gagne, R.M., dan Brigg, (1975), Instructional Technology : Foundations, Hillsdale, Lawrence Erlmaum Associates, Publishers. Glossary, (2001), Glossary of eLearning Terms, LearnFrame.Com. Hartley, (2001), Selling e-Learning, American Society for Training and Development. Latuheru, J.D., (1993), Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Kini, IKIP Ujung Pandang Nasution, S., (1982), Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bina Aksara. Rosenberg, M.J., (2001), ‚E-Learning‛ Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age, New York, McGraw-Hill. Schramm, W, (1984), Media Besar Media Kecil, Terjemahan Agafur, Semarang, IKIP Semarang Press. Sirait,M., (1999), Pemrograman Model CAI pada Mata Kuliah Elektronika Dasar, Medan, Penelitian SPP/DPP. Sudjana, N dan Rivai,A, 1989, Teknologi Pengajaran, Sinar Baru, Bandung. Wahono, R.S., (2003), Pengantar e-Learning dan Pengembangannya, IlmuKomputer.Com. Tersedia pada http://romisatriawahono.net Wilkinson, G.L, (1986), Media Dalam Pembelajaran, Jakarta, Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v18i1.4286

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)