PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DI MTS SWASTA AL-ITTIHADIYAH MEDAN

Rappel Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning dan yang diajar dengan menggunakan model konvensional, serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII semester II MTs Swasta Al-Ittihadiyah Medan yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jumlah keseluruhan sampel adalah 66 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda terdiri dari 20 soal (4 option) yang sebelumnya sudah diuji cobakan dan sudah divalidkan oleh validator. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Experiential Learning diperoleh nilai rata-rata pre-tes 40,60 dengan standar deviasi 8,81, pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-tes 42,27 dengan standar deviasi 8,49. Uji hipotesis pretes pada α = 0,05 dan dk = 64 diperoleh thitung= -0,99 dan ttabel = 1,999. Karena thitung < ttabel maka dapat dinyatakan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda pada kedua kelas didapat nilai rata-rata-rata pos-tes di kelas eksperimen adalah 82,58 dengan standar deviasi 8,48. dan nilai rata-rata postes  kelas kontrol adalah 71,21 dengan standar deviasi 10,23. kedua rata-rata tersebut berdistribusi normal. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak pada α = 0,05 dan dk = 64 diperoleh thitung =4,91 dan ttabel 1,999 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh model Experiential Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gaya di kelas VIII  MTs Swasta Al-Ittihadiyah Medan.

Keywords


Hasil, Kemampuan, Pembelajaran, Hukum Neuton

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta,Jakarta Arikunto, S., (2006), Prosedur Penelitian, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta Arikunto, Suharsimi., (2003), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bum Aksara Baharuddin dan Nur Esa W., (2008), Teori Belajar dan Pembelajaran, Penerbit ArRuzz Media, Jogjakarta Irianto, Yuli .S., (2008), Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VII, Penerbit Pusat Perbukuan DEPDIKNAS, Jakarta Mulyasa, E., (2006), Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung Nurhadi., (2004), Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban), Penerbit Grasindo,Jakarta Nurhayati, N., (2006), Ringkasan dan Bank Soal Sains Fisika Untuk SMP/MTs, Penerbit YramaWidya, Bandung Rani, Selvi., (2009), Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gaya di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 3 Tanjung Morawa T.P. 2009/2010, Jurusan Fisika, FMIPA, UNIMED, Medan Slameto., (2003), Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta Sudjana., (1996), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v18i1.4290

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)