PENGARUH PENGATURAN KEMAMPUAN AWAL DENGAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DASAR I MAHASISWA JURUSAN FISIKA FMIPA UNIMED
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikti. Degeng, I.N., dan Miarso, Y. (1993). Buku Pegangan Teknologi Pendidikan Terapan Teori Kognotif Disain Pembelajaran. Depdikbud, Direktorat Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Ousat Fasilitas Bersama Antar Universitas/IUC (Bank Dunia XVII), Jakarta. Gurusinga, P., dan Sinuraya, J. (1997). Pembuatan Model Pembelajaran
Berdasarkan Teori Gal’perin untuk Meningkatkan Efektifitas Perkuliahan Statistika dasar di FPMIPA IKIP Medan, Laporan Penelitian Dana Rutin, tidak diterbitkan. Medan: FMIPA Unimed. Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Depdiknas, Jakarta. Nurhadi., (2002). Pendekatan Kontekstual, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Nur, M., dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Sinuraya, J., dkk. (1998). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Dick dan Carey dalam Perkuliahan Fisika Dasar terhadap Peningkatan Efektifitas Perkuliahan Fisika Dasar di FMIPA IKIP Medan, Laporan Penelitian Dana Rutin, Tidak diterbitkan. Medan : FMIPA Unimed. Sinuraya, J., Sinulingga, K., dan Simatupang, S. (2005). Peningkatan Kemampuan Awal Mahasiswa Tahun Pertama Melalui Penerapan Prinsip CTL dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Statistika dasar di Jurusan Fisika FMIPA Unimed, Laporan Penelitian, Dana Dikti, Tidak diterbitkan. Medan: FMIPA Unimed. Rantenai, R. (2007). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam KBK pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Sokoguru, 1(2-3),68-74. Tarigan, R., Sinuraya, J.B., dan Sinulingga, K. (2001). Pengembangan Pengajaran Remedial Berdasarkan Strategi Konflik Kognitif dalam Upaya Meminimalkan Miskonsepsi Mahasiswa Tahun Terakhir FMIPA Unimed. Laporan Penelitian RII Batch IV 2000/2001, tidak diterbitkan, FMIPA Unimed, Medan. Widodo, W. (2002). Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendi-dikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v18i1.4293
Article Metrics
Abstract view : 278 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)