PENGARUH METODE STOP THINK DO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN KELAS X SMA NEGERI 4 TEBING TINGGI

Ratna Tanjung, Fibririn Corina Rambe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  metode Stop Think Do terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X  SMA Negeri 4 Tebing Tinggi pada materi pokok Besaran dan Satuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ada 2 kelas (X1 dan X5 ) yang diambil secara cluster random sampling. Instrumen penelitian  ini adalah  tes hasil belajar  berjumlah 20 item  bentuk pilihan ganda dengan 5 option, dan lembar observasi.  Uji hipotesis menggunakan uji t.  Berdasarkan analisis data diperoleh  nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,50 dan  kelas kontrol adala 44,38. Setelah diberi perlakuan berbeda kepada kedua kelas   diperoleh nilai rata-rata postes 72,13, dengan standar deviasi 11,03 untuk kelas eksperimen dan   kelas kontrol 66,25 dengan  standar deviasi 11,94 artinya ada peningkatan  hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 29,63 atau sebesar 8,87 %. Hasil pengujian dengan uji beda nilai postes kedua kelas diperoleh thitung (2,212) > ttabel (1,994), dengan  = 0,05, maka hipotesis  (Ha) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Stop Think Do terhadap hasil belajar siswa pada  materi pokok besaran dan satuan kelas X  SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2009/2010. Hasil observasi aktivitas belajar siswa secara komprehensif melalui lembar observasi pada pembelajaran Stop Think Do mencapai kriteria aktif sedangkan untuk kelas kontrol  kriteria cukup aktif.

Keywords


Metode Stop Thing Do, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B, (2008), Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2008), Buku Pedoman Penulisan Skripsi dan Proposal Penelitian Kependidikan, FMIPA Unimed, Medan. Foster, Bob, (2004), Fisika SMA Untuk Kelas X, Penerbit Erlangga, Jakarta. Gunawan, J, (1998), Besaran Dan Satuan Untuk Sekolah Menengah Umum, Grasindo, Jakarta. Hasibuan, Malayu , S. P, (2003), Organisasi dan Motivasi, Bumi Aksara, Jakarta. Majid, Abdul, (2008), Perencanaan Pembelajaran, Remaja Rosdakarya, Bandung. Ngalim, M, Purwanto, (2003), Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung. Petersen, (2004), Bagaimana Memotivasi Anak Belajar Stop and Think Learning, Grasindo, Jakarta. Sagala, Saipul, (2004), Konsep dan Makna Pembelajaran, Grafindo Persada, Jakarta. Sardiman, (2005), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Grafindo Persada, Jakarta. Sudjana, Nana, (2002), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung. Suryabrata, Sumadi, Drs. Metodologi Penelitian, Penerbit PT raja grafindo Persada, Jakarta. Supiyanto, (2004), Fisika SMA Untuk Kelas X, Penerbit Erlangga, Jakarta. Syah Muhibbin, (2003), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung. Thoifuri, (2008), Menjadi Guru Inisiator, Rasail, Semarang. Petersen @ stopthinkdo.com.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v18i1.4295

Article Metrics

Abstract view : 415 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)