PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI
Abstract
Deskripsi proses penerapan metode Discovery learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa dan untuk mendeskripsikan hasil peningkatan keterampilan menulis siswa dengan menggunakan metode Discovery learning pada siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan menulis siswa meningkat yaitu dari hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 19 siswa dengan persentase 54%, siswa yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 16 siswa dengan persentase 46%. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan 30 siswa dengan persentase 85% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 5 siswa dengan persentase 15%. Disimpulkan bahwa keterampilan menulis siswa menggunakan metode Discovery learning pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Barru dinyatakan berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Dengan Metode Mind Mapping. Jurnal Ilmiah, 3 (1).
Akidah, I. & Mansyur, U., (2019) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap
Annisa, D. S. 2021. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning”. Indonesia Journal of Teacher Education, 2(1), 218-225.
Arum, S. 2021. Korelasi Keterampilan Menyimak Berita Dengan Keterampilan Menulis Tes Berita Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pasaman. Proposal. Universitas Negeri Padang. Padang.
Gusrita, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN 1 Sarolanggun. Jurnal Pendidikan Guru, 2 (1)
Hastuti, D. 2019. Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Paper. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A., 2022. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Materi Sifat-sifat Mahaya melalui Metode Discovery Learning”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 43-57.
Kemampuan Menulis Berita Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 72-78.
Martanti, D. K., Suwandi, S. & Rohmadi, M., (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (2).
Nabila, A. P., Warsiman. & Hermiati, T. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Gambar. Jurnal Metamorfosa, 10 (1).
Rabiah, S. 2019. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: De La Macca.
Siti, N. A. H. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Tarbiyatuna, 2 (1).
Sri, A. Y. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Brainwraiting. Paedagogie, 13 (1).
Triyani, N., S. R. 2018. “Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 713-720
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v29i2.51303
Article Metrics
Abstract view : 162 timesPDF - 112 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.