PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa pada
materi pokok suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe GI dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, jumlah siswa masing-masing kelas 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji persyaratan dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Perbaungan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R., (2008), Learning To Teach,
Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Dwi, I.M., Arif,H.,(2013), Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Group Investigation (GI)
Berbantuan Media Komputer
terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Materi Pokok Listrik Dinamis,
Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia
(4):97-104
Harahap, R, dan Turnip, B., (2014),
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif TipeGroup
Investigation (GI) Berbantu Media
Flash Terhadap Hasil Belajar
Fisika Siswa SMA,Jurnal Inovasi
Penelitian Fisika 2(3), 156-163
Rusman, (2014), Model-model Pembelajaran,
Rajawali Pers, Jakarta
Simanjuntak, S, dan Siregar, N., (2014),
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Group
Investigation terhadap Hasil
Belajar pada Materi Listrik
Dinamis, Jurnal Inovasi Penelitian
Fisika, 2( 2), 171-179
Slavin., (2009), Cooperatif Learning,
Nusa Media, Bandung.
Sudjana., (2005), Metoda Statistika, Tarsito,
Bandung.
Sugiono., (2008), Metode Penelitian
Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Trianto., (2011), Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progressif:
Konsep, Landasan, dan
Implementasinya pada Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),
Kencana, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6152
Article Metrics
Abstract view : 393 timesPDF - 17 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN