PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PENGGUNAAN CTL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP WILAYAH II KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Abstract
Penelitian ini berangkat dari perlunya dilakukan pembinaan peningkatan
kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu diantaranya menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian Tindakan Sekolah merupakan salah satu sarana yang tepat untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelolaan pembinaan oleh pengawas. Penelitian ini bertujuan untuk memotivasi guru IPA, meningkatkan kompetensinya dalam menyusun RPP dan melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu dan bermakna, dalam hal ini menggunakan strategi CTL. Hasil penelitian penerapan pendekatan CTL terbukti signifikan meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam penggunaan CTL pada pembelajaran IPA di SMP. Hasil pengamatan tentang penyusunan RPP dan LKPD berbasis CTL dalam pelatihan/pearteaching Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 20% dan hasil pengamatan tentang pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan 16,11%. Jadi dengan
pelatihan/pearteaching guru-guru menggunakan pendekatan Contexstual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kompetensi pegagogik guru IPA di SMP
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi
Kurikulum 2004. Jakarta :
Puslitbang Debdiknas
Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching
and Learning. What it is and why it’s
here to stay. California : Corwin
PRESS
Sanjaya, W. 2010 . Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Kencana Prenada
Media group, Jakarta
Sastrawijaya, A. T. 1991. Pengembangan
Program Pengajaran.Jakarta:Rineka
Siregar, P. (2006), Pengaruh Pembelajaran
CTL (Contextual Teaching and
Learning) dalam Meninggkatkan Hasil
Belajar Fisika Siswa pada Materi
Pokok Bunyi di Kelas VIII Semester II
di SMP Negeri 1 Silangkitang,
Skripsi FMIPA UNIMED, Medan.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6153
Article Metrics
Abstract view : 164 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN