PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 4 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X
IPS SMA Negeri 4 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan
yang beralamat di Jalan Gelas No. 12 Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang terdiri dari 2 kelas yang
berjumlah 75 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
teknik sampling total yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan, yang
terdiri dari kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Data hasil belajar siswa diperoleh
dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda setelah diberikan perlakuan
model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada kelas Eksperimen dan model pembelajaran Think Pair Share pada kelas kontrol. Uji instrumen dilakukan melalui uji Validitas untuk analisis butir soal menggunakan rumus Pearson Product Moment, uji Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda tes. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan uji t pada taraf kepercayaan signifikan 95% atau alpha 5%. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas eksperimen adalah 38,16 dan 83,42 dengan standar deviasi 11,707 dan 7,893. Nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas kontrol adalah 55,81 dan 74,19 dengan standar deviasi 11,396 dan 9,318. Hasil penelitian menunjukkan bahwa > yakni 4,66 > 1,996. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan dapat diterima
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model
Pembelajaran dalam Kurikulum 2013.
Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung:
CV Yrama Widya
Hamzah dan Mohamad. 2014. Belajar dengan
Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT
Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran
Dan Pembelajaran. Malang: Pustaka
Pelajar
Irlinawati, Dewik.dkk. Penerapan Model
Pembelajaran Student Facilitator and
Explaining Pada Perkalian Bilangan
Bulat. Jurnal ISSN: 2337-8166, Vol.1,
No.2, September 2013.
http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/
files/Penerapan-Model-PembelajaranStudent-Facilitator-And-Explaining-Pada-Perkalian-Bilangan-Bulat.pdf
(10
Februari 2016)
Istarani dan Ridwan, M. 2015. 50 Tipe Strategi
dan Teknik Pembelajaran Kooperatif.
Medan: Media Persada
_______dan Pulungan. 2015. Ensiklopedi
Pendidikan. Medan: Media persada
Langgeng, Abram Rinekso. 2012. Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining Terhadap
Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
TIK di SMA N 1 Mertoyudan T.A
/2012.
https://core.ac.uk/download/pdf/11064
pdf (10 Februari 2016)
Lubis, Effi. 2015. Strategi Belajar Mengajar.
Medan: Perdana Publishing
Mahbub, Muh. Model-Model Pembelajaran,
http://manjherity09.blogspot.co.id/201
/11/taksonomi-bloom.html (06
Februari 2016)
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model
Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja
Pressindo
Nirsam,dkk. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika
Melalui Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Facilitator
(SFAE) Pada Siswa Kelas VIIID SMP
Negeri 5 Palu. Jurnal ISSN:2338 - 3240,
Vol.1, No.1, 2012.
Jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT
/article/view/1441. (10 Februari 2016)
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ridha.2013.http://ridha90.blogspot.co.id/2013/
/hakikat-model-kooperatif-tipethink.html
(diakses
Februari
Rusman, 2013. Model-model Pembelajaran
Mengembangkan Profesioanlisme Guru.
Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sani, R.A., 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta:
PT Bumi Aksara
Savitri, Radia. Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal
ISSN: 2302-1590, Vol. 2 No. 1 (hal.2227).
http://download.portalgaruda.org/arti
cle.php?article=357096&val=8167&title
=pengaruh%20penerapan%20model%
pembelajarankooperatiftipetps%20t
erhadap%20hasil%20belajar%20ekono
mi.
(01
Juni
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran
Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Simatupang, Julpan Daniel. 2015. Pengaruh
Model Pembelajaran Student Facilitator
and Explaining terhadap Hasil Belajar
Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA
Negeri 1 Delitua Tahun Pelajaran
/2016. Fakultas Ekonomi:
UNIMED.
Sinaga, D. Pengaruh Model Pembelajaran Student
Facilitator and Explaining Terhadap
Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Program
Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Univeritas HKBP Nommensen. Jurnal.
ISSN: 2337-6198, Vol.1, No.2( hal 111120).
http://fkip.uisu.ac.id/jurnal/keguruan/
vol-1-no-2-juli-desember-2013/(10
Februari
Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume 22 Nomor 1 Maret 2016
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta
Sudjana. 2012. Metoda Statistika.
Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung:
Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta
Suprijono. 2010. Cooperative Learning (Teori &
Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Trianto. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif
Berorientasi Konstuktivistik. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Winayah, dkk. Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan
Metode Praktikum Dalam Pembelajaran
IPA Fisika Kelas VIII B SMPN 7 Jember
Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal ISSN:
-9794.
http://library.unej.ac.id/client/en_US/defa
ult/search/asset/555?dt=list. (01 Juni
Ufiluthifiyah. Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Think Pair Share.
https://ufitahir.wordpress.com/2013/09
/24/modelpembelajarankooperatiftps/
(06 Februari 2016)
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6155
Article Metrics
Abstract view : 617 timesPDF - 9 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN