PENERAPAN STRATEGI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR MODEL FLEMING TERHADAP MASA BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL

Waston Malau, Deny Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar
dan gaya belajar model fleming terhadap masa belajar mahasiswa di fakultas
ilmu sosial universitas negeri medan. Berdasarkan hasil temuan penelitian, bahwa rata-rata hasil belajar kelompok mahasiswa yang diajar dengan strategi
pembelajaran trading place memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi. Hal ini
dapat dijelaskan karena strategi pembelajaran trading place memberikan
kebebasan kepada mahasiswa untuk lebih berperan aktif dan dapat berinteraksi
dengan teman belajar dan dosen. Mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih termotivasi, lebih semangat selama proses pembelajaran, sehingga mahasiswa lebih terampil dalam hal mengemukakan pendapatnya, sedangkan dengan strategi pembelajaran ekspositori yang pada dasarnya pembelajaran berpusat kepada dosen mengakibatkan mahasiswa yang memiliki gaya belajar  kinestetik tidak dapat berinteraksi/kurang bersosial dengan teman dan  mahasiswa kurang termotivasi sehingga cepat merasakan bosan dalam proses pembelajaran. Hal ini memberikan rekomendasi bahwa strategi pembelajaran trading place sangat cocok digunakan kepada mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik daripada strategi pembelajaran ekspositori dan mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan read/write.


Keywords


enerapan; Startegi Belajar; Gaya Belajar; Model Fleming

Full Text:

PDF

References


Amelia, K. 2015. Pengaruh Strategi

Pembelajaran dan Gaya Belajar

Terhadap Hasil Belajar Ilmu

Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V

SDN 067775 Medan: Tesis Program

Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Ayuningtyas, D.C. dan Faisal A., 2013.

Pengaruh Model Pembelajaran Aktif

Dengan Metode Pembelajaran The

Power of Two dan Make A Match

Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X

SMA Negeri 1 Sale. Seminar Nasional

Second Lontar Physics Forum.

Semarang: LPF1308-1: LPF1308-A

Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian.

Jakarta : Bumi Aksara.

Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan  Volume 22 Nomor 1  Maret 2016 41

Dick. W and Carey.L.1996.The Systematic

Design of Instruction. New York, NY:

Logman

Djamarah, S.B. dan Aswan Z., 2006. Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012.

Konsep Strategi Pembelajaran.

Bandung: Refika Aditama.

Hergenhann. B. R dan Olson., 2008. Theories

of Learning. (Terj. Triwibowo.B.S)

Jakarta: Kencana Media Persada.

Keefe., 1979. Learning Style : Theory and

Practice. Reston Virginia National

Association of Secondary School

Prinscipals (NASSP)

Liyursi dan Julaga S., 2013. Strategi

Pembelajaran dan Gaya Belajar

Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal

Teknologi Pendidikan. Vol.6, No.1.

ISSN: 1979-6692

Silberman., 2009. Active Learning 101

Strategi Pembelajaran Aktif.

Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v22i1.6156

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN