PENERAPAN STRATEGI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR MODEL FLEMING TERHADAP MASA BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar
dan gaya belajar model fleming terhadap masa belajar mahasiswa di fakultas
ilmu sosial universitas negeri medan. Berdasarkan hasil temuan penelitian, bahwa rata-rata hasil belajar kelompok mahasiswa yang diajar dengan strategi
pembelajaran trading place memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi. Hal ini
dapat dijelaskan karena strategi pembelajaran trading place memberikan
kebebasan kepada mahasiswa untuk lebih berperan aktif dan dapat berinteraksi
dengan teman belajar dan dosen. Mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih termotivasi, lebih semangat selama proses pembelajaran, sehingga mahasiswa lebih terampil dalam hal mengemukakan pendapatnya, sedangkan dengan strategi pembelajaran ekspositori yang pada dasarnya pembelajaran berpusat kepada dosen mengakibatkan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik tidak dapat berinteraksi/kurang bersosial dengan teman dan mahasiswa kurang termotivasi sehingga cepat merasakan bosan dalam proses pembelajaran. Hal ini memberikan rekomendasi bahwa strategi pembelajaran trading place sangat cocok digunakan kepada mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik daripada strategi pembelajaran ekspositori dan mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan read/write.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, K. 2015. Pengaruh Strategi
Pembelajaran dan Gaya Belajar
Terhadap Hasil Belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V
SDN 067775 Medan: Tesis Program
Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Ayuningtyas, D.C. dan Faisal A., 2013.
Pengaruh Model Pembelajaran Aktif
Dengan Metode Pembelajaran The
Power of Two dan Make A Match
Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X
SMA Negeri 1 Sale. Seminar Nasional
Second Lontar Physics Forum.
Semarang: LPF1308-1: LPF1308-A
Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian.
Jakarta : Bumi Aksara.
Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume 22 Nomor 1 Maret 2016 41
Dick. W and Carey.L.1996.The Systematic
Design of Instruction. New York, NY:
Logman
Djamarah, S.B. dan Aswan Z., 2006. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012.
Konsep Strategi Pembelajaran.
Bandung: Refika Aditama.
Hergenhann. B. R dan Olson., 2008. Theories
of Learning. (Terj. Triwibowo.B.S)
Jakarta: Kencana Media Persada.
Keefe., 1979. Learning Style : Theory and
Practice. Reston Virginia National
Association of Secondary School
Prinscipals (NASSP)
Liyursi dan Julaga S., 2013. Strategi
Pembelajaran dan Gaya Belajar
Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal
Teknologi Pendidikan. Vol.6, No.1.
ISSN: 1979-6692
Silberman., 2009. Active Learning 101
Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6156
Article Metrics
Abstract view : 159 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN