PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Semester II yang terdiri dari 3
kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling.
Dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang berjumlah 6 soal dalam bentuk essay test dan lembar observasi aktivitas. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,05. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 50,2 dan kelas kontrol = 41,7. Rata-rata nilai aktivitas siswa mencapai 69,45 dengan kategori baik. Hasil analisis uji t satu pihak menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., (2010), Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik, Rineka Cipta,
Jakarta.
Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K., dan Caspari,
A.K., (2007), Guided Inquiry:
Learning in 21st Century School,
Greenwood Publishing Group,
London.
Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K., dan Caspari,
A.K., (2012), Guided Inquiry Design: a
framework fo inquiry in your school,
ebook: www.abc.clio.com.
California.
Mahardika, I., Selly., dan Murti, S., (2012),
Penggunaan Model Pembelajaran
Creative Problem Solving Disertai
LKS Kartun Fisika pada
Pembelajaran Fisika di SMP, Jurnal
Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI)
ISSN: 2301-9794.
Sardiman, (2010), Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar, Raja Grafindo Persada,
Jakarta.
Slameto, (2013), Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya, Rineka Cipta,
Jakarta.
Sudjana, (2005), Metode Statistika, Tarsito,
Bandung.
Sudjana, N., (2009), Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar, PT Remaja
Rosdakarya, Bandung.
Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif Progresif, Kencana. Jakarta.
Wahyudin., Sutikno., dan Isa, A., (2010),
Keefektifan Pembelajaran
Berbantuan Multimedia
Menggunakan Metode Inkuiri
Terbimbing untuk Meningkatkan
Minat dan Pemahaman Siswa, Jurnal
Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI)
ISSN: 1693-1246
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6157
Article Metrics
Abstract view : 350 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN