PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik
dinamis di kelas X semester genap SMA Swasta Nusantara Lubukpakam. Jenis
penelitian adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X6 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakanadalah tes hasil belajar. Nilai rata-rata pretes kelas ekperimen 46,71 dan kelas kontrol 46,05. Kemudian diberi perlakuanyang berbeda. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes hasil rata-rata kelas ekperimen 75,26 dan kelas kontrol 63,02. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester gena SMA Swasta Nusantara LubukPakam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faqih, A., (2012), Pengkontruksian Konsep
Fisika Melalui Pembelajaran
Student Teams Achievement
Division (STAD), Jurnal Penelitian
Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol 2
No 2, Desember 2012.
Huda, M, S., (2013), Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Student Teams Achievement Division
(STAD) Untuk Meningkatkan
Kemampuan Gerak Dasar Guling
Depan Dalam Senam Lantai, Jurnal
Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Vol 1 No 1, 2013.
Ihsan, F., (2011), Dasar-dasar kependidikan,
Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Kusuma, D, S, I., (2014), Increasing Biology
Study Result With Cooperative
Learning Model Type Student
Teams Achievement Division
(STAD) With Strengthening Grade
VII In Junior High School 1 Medan,
The 5th International Conference on
Science Education and Teacher
Professional Development SEAMEO
QITEP in Science 25-28 September
Mantara, B., Koyan, I, W., Natajaya N., (2013),
Pengaruh Model Pebelajaran
Koopretif Tipe Student Teams
Achievement Division (STAD)
Berbantuan Asesmen Kinerja
TerhadapPrestasi Belajar
Kewirausahaan Dikendalikan Oleh
Sikap Pada Kewirausahaan Siswa
Kelas X TGB SMKN 3 Singaraja. eJournal.
Vol.3,
Panggabean, J. H., Butar-butar, N., (2014),
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD Berbantu
Macromedia Flash Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Pokok Alat-Alat
Optik Kelas X SEM II SMA N 2
Lubuk Pakam T.P. 2013/2014, Jurnal
Inpafi. Vol.2, No.4, Nopember 2014.
Purwanto., (2011). Evaluasi hasil Belajar,
Penerbit Pustaka Belajar,
Yogyakarta.
Saanatun., Siregar, N., (2014). Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Teams
Achievement Divisions) dengan
menggunakan peta konsep
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Pokok Zat dan Wujudnya
Kelas VII Semestar 1 SMA Negeri 1
Air Putih T.P 2013/2014. Jurnal
inpafi. Vol.2, No.4, Nopember 2014.
Setiogohadi., (2014) Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD Untuk Meningkatkan
Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa
Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 24
Palembang, Jurnal Inovasi dan
Pembelajaran Fisika. Vol.1, No.1, Mei
Sinaga, E.Y., Hakim, A., (2014), Pengaruh
Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Suhu dan
Pemuaian di Kelas X Semester II
SMA Negeri 1 Delitua, Jurnal inpafi
vol.2, No.4, Nopember 2014.
Slavin, R. E., (2005). Cooperative Learning.
Penerbit Nusa Media, Bandung.
Trianto., (2011). Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif-Progresif, Penerbit Prenada
media group, Jakarta.
Yunita, C., Amdani, K., (2014), Pengaruh
Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Student Teams Achievement
Divisions (STAD) dengan Metode
Eksperimen Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Materi Listrik Dinamis
Kelas X SMA Dharmawangsa
Medan T.P 2012/2013. Jurnal Inpafi
Vol.2, No.1, Pebruari. 2014.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6158
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN