PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR LISTRIK DINAMIS

Laina Miska, Rita Juliani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik
dinamis di kelas X semester genap SMA Swasta Nusantara Lubukpakam. Jenis
penelitian adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X6 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakanadalah tes hasil belajar. Nilai rata-rata pretes kelas ekperimen 46,71 dan kelas kontrol 46,05. Kemudian diberi perlakuanyang berbeda. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes hasil rata-rata kelas ekperimen 75,26 dan kelas kontrol 63,02. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester gena SMA Swasta Nusantara LubukPakam.


Keywords


STAD, Quasi eksperimen, Cluster random sampling, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Faqih, A., (2012), Pengkontruksian Konsep

Fisika Melalui Pembelajaran

Student Teams Achievement

Division (STAD), Jurnal Penelitian

Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol 2

No 2, Desember 2012.

Huda, M, S., (2013), Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Student Teams Achievement Division

(STAD) Untuk Meningkatkan

Kemampuan Gerak Dasar Guling

Depan Dalam Senam Lantai, Jurnal

Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

Vol 1 No 1, 2013.

Ihsan, F., (2011), Dasar-dasar kependidikan,

Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Kusuma, D, S, I., (2014), Increasing Biology

Study Result With Cooperative

Learning Model Type Student

Teams Achievement Division

(STAD) With Strengthening Grade

VII In Junior High School 1 Medan,

The 5th International Conference on

Science Education and Teacher

Professional Development SEAMEO

QITEP in Science 25-28 September

Mantara, B., Koyan, I, W., Natajaya N., (2013),

Pengaruh Model Pebelajaran

Koopretif Tipe Student Teams

Achievement Division (STAD)

Berbantuan Asesmen Kinerja

TerhadapPrestasi Belajar

Kewirausahaan Dikendalikan Oleh

Sikap Pada Kewirausahaan Siswa

Kelas X TGB SMKN 3 Singaraja. eJournal.

Vol.3,

Panggabean, J. H., Butar-butar, N., (2014),

Pengaruh Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe STAD Berbantu

Macromedia Flash Terhadap Hasil

Belajar Siswa Pada Materi Pokok Alat-Alat

Optik Kelas X SEM II SMA N 2

Lubuk Pakam T.P. 2013/2014, Jurnal

Inpafi. Vol.2, No.4, Nopember 2014.

Purwanto., (2011). Evaluasi hasil Belajar,

Penerbit Pustaka Belajar,

Yogyakarta.

Saanatun., Siregar, N., (2014). Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

STAD (Student Teams

Achievement Divisions) dengan

menggunakan peta konsep

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada

Materi Pokok Zat dan Wujudnya

Kelas VII Semestar 1 SMA Negeri 1

Air Putih T.P 2013/2014. Jurnal

inpafi. Vol.2, No.4, Nopember 2014.

Setiogohadi., (2014) Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

STAD Untuk Meningkatkan

Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa

Siswa Kelas VII 2 SMP Negeri 24

Palembang, Jurnal Inovasi dan

Pembelajaran Fisika. Vol.1, No.1, Mei

Sinaga, E.Y., Hakim, A., (2014), Pengaruh

Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Materi Suhu dan

Pemuaian di Kelas X Semester II

SMA Negeri 1 Delitua, Jurnal inpafi

vol.2, No.4, Nopember 2014.

Slavin, R. E., (2005). Cooperative Learning.

Penerbit Nusa Media, Bandung.

Trianto., (2011). Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif-Progresif, Penerbit Prenada

media group, Jakarta.

Yunita, C., Amdani, K., (2014), Pengaruh

Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Student Teams Achievement

Divisions (STAD) dengan Metode

Eksperimen Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Materi Listrik Dinamis

Kelas X SMA Dharmawangsa

Medan T.P 2012/2013. Jurnal Inpafi

Vol.2, No.1, Pebruari. 2014.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i1.6158

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN