PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG TERHADAP PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR

Abda’u Ika Qiftiyani, Sukamto ,, Tatik Mintarsih, Widya Kusumaningsih

Abstract


Kemampuan matematika, kemahiran dalam pemecahan masalah matematika dan komunikasi dianggap penting bagi semua pelajar mengingat tantangan yang ditimbulkan oleh era kontemporer globalisasi dan informasi. Tujuan penelitian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas V dengan berbantuan media pembelajaran bangun ruang prisma dan tabung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Gayamsari 01, dengan jumlah peserta didik 21 anak, dengan 11 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan 2 siklus yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc. Taggart. Kriteria keberhasilan adalah apabila dari 80% dari jumlah peserta didik yang telah mencapai batas dalam kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran bangun ruang prisma dan tabung dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas V SD Negeri Gayamsari 01 dalam kategori baik.

Keywords


Pemahaman, Konsep Fisika, Pembelajaran, Proyek

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Refika Aditama.

Amri, M., & Assad, A. B. M. (2020). Pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak peserta didik kelas ix mts as’adiyah puteri 1 sengkang kabupaten wajo. Inspiratif Pendidikan, IX(1), 1–12.

Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Budi, T. L., Akbar, S., & Ana, R. W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 129–140.

Cahyati, E., Miranda, D., Windasari, & Cindy, A. H. (2024). Manajemen Efektif Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk Menciptakan Pembelajaran yang Berkualitas. TSAQOFAH: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 4(3), 1510–1521.

Daniati, N. S., & Aliyyah, R. R. (2023). Pembelajaran Anti Perundungan : Persepsi Guru Kelas Rendah pada Sekolah Dasar. Kiramah Tauhid, 2(5), 3022–3047.

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match pada Aplikasi Jarak dan Perpindahan. Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI ( Papan Pecahan Pizza ). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(April), 1028–1034.

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946.

Laia, S., & Surven. (2023). Relationship Between Mathematical Problem Solving Ability & Mathematical Communication Ability Of Grade Vii Students At Smp Negeri 2 Academic Year. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 2826–5263.

Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.4895

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwartini, Y. O., Yasin, M., & Machbubah, U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Mata Pelajaran Matematika Jaring-Jaring Bangun Ruang Kubus Dan Balok Menggunakan Model Pjbl Di Sd Negeri Grati 02 Kabupaten Lumajang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(1), 3258–3267.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i2.62290

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.