PROTOTYPE PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA SESUAI KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI PROVINSI SUMATERA UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas,
kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran serta bagaimana
aktivitas belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran
yang dikembangkan dengan model 4-D Thiagarajan, dan Semmel.
Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat
pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi kepada
beberapa validator dan diuji coba ke lapangan untuk melihat
efektivitasnya. Uji coba dilakukan pada siswa kelas XSMAN 1
Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang. Dari hasil pengembangan
ini diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan
valid dengan rata-rata total validitas RPP 4,36; buku guru 4,38;
buku siswa 4,46; dan LKS = 4,42. Hasil penilaian para ahli bahwa
perangkat pembelajaran dapat digunakan, hasil pengamatan
keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik, aktivitas
siswa dari hasil uji coba I dan uji coba II berada pada kategori
“efektif”. Hal ini berarti perangkat pembelajaran dikatakan praktis.
Efektif dilihat dari ketuntasan belajar klasikal terpenuhi, aktivitas
siswa berada dalam batas toleransi yang ditetapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akker, J. Van Den. 1999. Principles and
Methods of Development Research.
Dalam Plomp, T; Nieveen, N;
Gustafson, K; Branch, R.M; dan
van den Akker, J (eds).
Design Approaches and Tools in
Education and Training.
London: Kluwer Academic
Publisher.
Amir, M.T. 2009.Inovasi Pembelajaran
Pendidikan Melalui Problem Based
Learning:Bagaimana Pendidik
Memberdayakan Pemelajar di Era
Pengetahuan. Jakarta: Kencana
Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan
Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Fachrurazi.2011. Penerapan Pembelajaran
Berbasis Masalah untuk
MeningkatkanKemampuan
Berpikir Kritis dan Komunikasi
Matematis Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal: tidak diterbitkan.
Hillman, W. 2003.Learning How to
Learn: Problem Based Learning.
Australian
Journal ofTeacher
keterlaksanaan
Education, 28 (2): 1 – 10.
Padmavathy & Mareesh. 2013.
Effectiveness of Problem Based
Learning
in Mathematics.
International Multidisciplinary eJournal,
(1):
–
Rochmad.
Desain Model
Pengembangan
Perangkat
Pembelajaran.Jurnal Kreano, 3(1):
- 72
Rohman & Amri. 2013. Strategi dan
Desain Pengembangan Sistem
Pembelajaran. Jakarta: Prestasi
Pustaka
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran:
Mengembangkan Peofesionalisme
Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada
Setiawan, D. dkk. 2007. Pengembangan
Bahan Ajar.Jakarta: Universitas
Terbuka.
Thiagarajan, S. dkk. 1974. Instructional
development for Training Teachers
of Exceptional Children A
Sourcebook. Minnesota: National
Center For Improvement of
Educational System.
Trianto, 2011. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif Progresif.
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Wiyana, dkk. 2013. Pengaruh
Pengetahuan KTSP dan
Pendidikan
Terhadap
Kemampuan Menyusun RPP
Guru SDN Jatiyoso Tahun
/2012.
Jurnal Teknologi
Pendidikan, 1 (2): 239-248
(http://jurnal.pasca.uns.ac.id)
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i2.6556
Article Metrics
Abstract view : 478 timesPDF - 777 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN