PENGARUH PELAKSANAAN PRATIKUM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETRAMPILAN SISWA SMK
Abstract
Keywords
References
Christina Hart, Pamela Mulhall, Amanda Berry, John Loughran, Richard Gunstone (2000),What is the Purpose of this Experiment? Or Can Students Learn Something from Doing Experiments? Journal of Research in Science Teaching, 37: 7, p 655-675.
Gusti Lanang Wiratma dan Wayan Subagia, 2014,Pengelolaan Laboratorium Kimia di kota Singaraja, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 3, No. 2, Oktober 2014.
Ida Ayu Kade Sastrika., I Wayan Sadia., I.W.Mudarawan., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis, e-Journal Program Pascasarjana UNDIKSHA 3(1):1-10
Krisna Merdekawati, 2016, Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Fisika Berbasis Learning Cycle 5E, Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia (JKPK), Vol.1, No.2, Agustus 2016.
Oemar Hamalik. (2006). Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara
Stone, R.(2013).Cara-cara Terbaik Untuk Mengajar Sains Yang Dilakukan Oleh Guru-Guru Peraih Penghargaan. Jakarta: PT Indeks.)
Sevgi Aydin, Betul Demirdogen, Fatma Nur Akin, Esen Uzuntiryaki-Kondakci (2015), The nature and development of interaction among components of pedagogical content knowledge in practicum Teaching and Teacher Education : 46 (2015) 37 – 50.
Tresna Sastrawijaya. (1998). Proses Belajar Mengajar Kimia. Jakarta: Depdikbud Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Wiratma, I G.L. dan I Wayan Subagia. 2013. Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia SMA Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Tri Sakti Masyarakat Bali. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9993
Article Metrics
Abstract view : 203 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN