PENGARUH PELAKSANAAN PRATIKUM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETRAMPILAN SISWA SMK

Anna Juniar

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengaruh pelaksanaan praktikum terhadap kemampuan kognitif dan ketrampilan siswa SMK Dharmaanalitika. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru, laboran dan siswa SMK Dharmaanalitika Medan. Sampel diambil secara purposive yaitu Guru Analis yang terlibat sebanyak 6 orang, 5 orang laboran dan siswa Kelas XII sebanyak 92 orang. Data diperoleh dengan melakukan observasi, menyebarkan angket pelaksanaan praktikum dan wawancara terhadap guru, siswa dan laboran. Siswa yang melakukan praktikum yang diobservasi meliputi praktikum  Kimia Analitik, Kimia Klinik dan Kimia Makanan/Minuman. Hasil penelitian memperlihatkan  pada Kelas XII-A hanya 10 % nilai praktikum kimia Analitik di bawah nilai 80 sedangkan pada praktikum Kimia Klinik dan Kimia Analisis Makanan dan Minuman 100% siswa memperoleh nilai praktikum di atas 80. Pada kelas XII-B perolehan nilai praktikum Kimia Analitik, Kimia Analisis makanan/minuman dan Kimia Klinik 42% siswa memperoleh nilai praktikum 85, hanya 13% memperoleh nilai 90. Pada kelas XII-C sebanyak 23% siswa yang melakukan Praktikum Kimia Analitik, Praktikum Kimia Makanan/ Minuman dan Kimia Klinik memperoleh nilai 90, hanya 13% perolehan nilai praktikum di bawah nilai 80. Pelaksanaan praktikum berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan siswa

Keywords


Praktikum, Kimia Analitik, Kimia Analisis Makanan/Minuman, Kimia Klinik

References


Christina Hart, Pamela Mulhall, Amanda Berry, John Loughran, Richard Gunstone (2000),What is the Purpose of this Experiment? Or Can Students Learn Something from Doing Experiments? Journal of Research in Science Teaching, 37: 7, p 655-675.

Gusti Lanang Wiratma dan Wayan Subagia, 2014,Pengelolaan Laboratorium Kimia di kota Singaraja, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 3, No. 2, Oktober 2014.

Ida Ayu Kade Sastrika., I Wayan Sadia., I.W.Mudarawan., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis, e-Journal Program Pascasarjana UNDIKSHA 3(1):1-10

Krisna Merdekawati, 2016, Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Fisika Berbasis Learning Cycle 5E, Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia (JKPK), Vol.1, No.2, Agustus 2016.

Oemar Hamalik. (2006). Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Stone, R.(2013).Cara-cara Terbaik Untuk Mengajar Sains Yang Dilakukan Oleh Guru-Guru Peraih Penghargaan. Jakarta: PT Indeks.)

Sevgi Aydin, Betul Demirdogen, Fatma Nur Akin, Esen Uzuntiryaki-Kondakci (2015), The nature and development of interaction among components of pedagogical content knowledge in practicum Teaching and Teacher Education : 46 (2015) 37 – 50.

Tresna Sastrawijaya. (1998). Proses Belajar Mengajar Kimia. Jakarta: Depdikbud Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wiratma, I G.L. dan I Wayan Subagia. 2013. Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia SMA Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Tri Sakti Masyarakat Bali. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9993

Article Metrics

Abstract view : 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN