PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Dumaria Samosir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan  metode Index Card Match dalam memperbaiki hasil belajar Matematika  pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-1  sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode index card match dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, jumlah siswa masing-masing kelas 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu  tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji persyaratan dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan metode index card match terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi pokok Sistem Persamaan Linier dua variabel  di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Tebing Tinggi

Keywords


Metode Index Card Match, hasil belajar, persamaan linier dua variabel

Full Text:

PDF

References


Arends, R., (2008), Learning To Teach, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan,

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran, Karisma Putra, Bandung.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Slavin., 2009, Cooperatif Learning, Nusa Media, Bandung.

Sudjana., 2005, Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.

Sugiono., 2008, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Suprijono, A. 2009. Cooverative Learning. Pustaka Insan Madani. Yogyakarta.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Rosdakarya, Bandung.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9995

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN