PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH ORGANOLOGI

Pita H.D Silitonga

Abstract


Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan proses pembelajaran. Model pembelajaran tipe Game Team Tournament (TGT) adalah sebuah pendekatan yang melibatkan kelompok kecil untuk belajar dan mengajar untuk bekerja sama sebagai tim untuk memudahkan pengambilan keputusan dan mendiskusikan masalah ini. Implementasi penelitian model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran pada subjek organologi ini dilaksanakan di Jurusan Program Studi Pendidikan Musik Sendratasik Unimed. Subyek penelitian adalah siswa yang kuliah kuliah pada tahun akademik semester genap 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cooperative Learning Model Team Games Tournament (TGT) berhasil memperbaiki proses dan hasil belajar di mata pelajaran organologi. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata nilai aktivitas siswa meningkat dibandingkan dengan model pembelajaran sebelumnya.

Keywords


Model, TGT, Organologi

Full Text:

PDF

References


Azis, Muhammad, Rifqi,dkk. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran cooperative Learning Tipe TGT Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 1, Nomor 2 Tahun 2013. Peogram Studi PPKN FIS UNJ. ISSN:2337-5205.

Isjhoni. (2009). Cooperative Learning, Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan:Media Persada.

Pardjono, dkk. 2007. Panduan Panelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Slavin, Robert.E. (2005). Cooperative Learning: Theory, research, and practice. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

----------, (1994). Educational psychology, theories and practice. Fourth Edition. Masschusetts: Allyn and Bacon Publishers.

Trianto, (2007), Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme, Jakarta, Prestasi Pustaka.

-----------,(2011)Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9996

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN