PERAN MOODLE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAN KONSEP DAN PRAKTIKUM KIMIA

Retno Dwi Suyanti, Muhamad A Martoprawiro

Abstract


Visualisasi pembelajaran kimia merupakan suatu pendekatan paedagogik yang menggunakan simulasi komputer untuk menjelaskan konsep yang abstrak, Studi  ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran kimia koordinasi melalui program moodle (Modular Oriented Object Dynamic Learning). Dari data yang dianalisis dengan SPSS for Window 11.5, ternyata model pembelajaran mengembangkan kemampuan generik pemodelan, abstraksi kimia dan konsistensi logis. Dari data nilai mahasiswa pengguna moodle, ternyata model ini mampu membantu mahasiswa dalam menginterpretasikan konsep-konsep yang abstrak, terutama untuk mahasiswa dengan kemampuan awal kimia yang rendah dengan t = 51,913, sig.(2-tailed) = 0,000.  Terdapat korelasi yang sangat signifikan antara indek prestasi kumulatif mahasiswa terhadap penguasaan konsep kimia koordinasi dengan r = 0,570. Disamping itu juga terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat intelegensi (IQ) dan kemampuan awal kimia terhadap penguasaan konsep kimia koordinasi dengan harga r masing-masing 0,3 dan 0,337.  Dengan dikembangkannya pemodelan Kimia Koordinasi pada situs  pendidikan kimia berbasis web melalui http://kimia.upi.edu/moodle/ mahasiswa lebih dapat mengembangkan materi yang sudah diterima di perkuliahan kelas maupun di laboratorium secara on-line.  Pembelajaran online berbasis moodle ini berkontribusi tinggi dalam mewujudkan perkuliahan Kimia Anorganik  terintegrasi dengan N-gain materi perkuliahan 0,459 dan N-gain praktikum multimedia 0,763. Model pembelajaran berbasis web ini dapat diterapkan untuk memanipulasi lingkungan pembelajaran mahasiswa, sehingga menyenangkan dan membangkitkan motivasi belajarnya.

Keywords


Pemodelan, moodle, Penguasaan konsep, Praktikum Kimia

Full Text:

PDF

References


Chaeruman, AU, (2004), Integrasi Teknologi Telekomunikasi dan Informasi (TTI) ke dalam pembelajaran. Jakarta : UT, PUSTEKKOM, IPTPI: Tidak Diterbitkan

Cormarck Mc Colin, (1998), Web-Based Education System, New York: John Wiley dan Sons,Inc

Costa, A.L., (1985), Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, Alexdanria: ASCD

Fatimah et al., (2001), Hakikat Pembelajaran Mipa Dan Kiat Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi, Jakarta : PAU-PPAI

Hake, R., (1998). Interactive engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand student survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66, (1) 64-74.

Lancasire, J R, (2003), CHEM 1902 (C 10 K0 Coordination Chemistry, Jamaica: University of the West Indies. Tersedia : www chem.uwimona.edu.jm:1104

Morran J, Vizualizing in teaching chemistry, EUAC, Urbana, 2003 tersedia: http://chemviz.ncsa.uiuc.edu

Rodgers Glenn, (1994), Introduction to Coordination, Solid State, and Descriptive Inorganic Chemistry, Singapore : Mc Graw - Hill

Suyanti D Retno, (2006), Pembekalan Kemampuan Generik Bagi Calon Guru Melalui Pembelajaran Kimia Anorganik Berbasis Multimedia Komputer, Disertasi, SPS UPI, tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9997

Article Metrics

Abstract view : 425 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN