PERAN MOODLE DALAM MENINGKATKAN PENGUASAN KONSEP DAN PRAKTIKUM KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9997Keywords:
Pemodelan, moodle, Penguasaan konsep, Praktikum KimiaAbstract
Visualisasi pembelajaran kimia merupakan suatu pendekatan paedagogik yang menggunakan simulasi komputer untuk menjelaskan konsep yang abstrak, Studi ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran kimia koordinasi melalui program moodle (Modular Oriented Object Dynamic Learning). Dari data yang dianalisis dengan SPSS for Window 11.5, ternyata model pembelajaran mengembangkan kemampuan generik pemodelan, abstraksi kimia dan konsistensi logis. Dari data nilai mahasiswa pengguna moodle, ternyata model ini mampu membantu mahasiswa dalam menginterpretasikan konsep-konsep yang abstrak, terutama untuk mahasiswa dengan kemampuan awal kimia yang rendah dengan t = 51,913, sig.(2-tailed) = 0,000. Terdapat korelasi yang sangat signifikan antara indek prestasi kumulatif mahasiswa terhadap penguasaan konsep kimia koordinasi dengan r = 0,570. Disamping itu juga terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat intelegensi (IQ) dan kemampuan awal kimia terhadap penguasaan konsep kimia koordinasi dengan harga r masing-masing 0,3 dan 0,337. Dengan dikembangkannya pemodelan Kimia Koordinasi pada situs pendidikan kimia berbasis web melalui http://kimia.upi.edu/moodle/ mahasiswa lebih dapat mengembangkan materi yang sudah diterima di perkuliahan kelas maupun di laboratorium secara on-line. Pembelajaran online berbasis moodle ini berkontribusi tinggi dalam mewujudkan perkuliahan Kimia Anorganik terintegrasi dengan N-gain materi perkuliahan 0,459 dan N-gain praktikum multimedia 0,763. Model pembelajaran berbasis web ini dapat diterapkan untuk memanipulasi lingkungan pembelajaran mahasiswa, sehingga menyenangkan dan membangkitkan motivasi belajarnya.References
Chaeruman, AU, (2004), Integrasi Teknologi Telekomunikasi dan Informasi (TTI) ke dalam pembelajaran. Jakarta : UT, PUSTEKKOM, IPTPI: Tidak Diterbitkan
Cormarck Mc Colin, (1998), Web-Based Education System, New York: John Wiley dan Sons,Inc
Costa, A.L., (1985), Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, Alexdanria: ASCD
Fatimah et al., (2001), Hakikat Pembelajaran Mipa Dan Kiat Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi, Jakarta : PAU-PPAI
Hake, R., (1998). Interactive engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand student survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66, (1) 64-74.
Lancasire, J R, (2003), CHEM 1902 (C 10 K0 Coordination Chemistry, Jamaica: University of the West Indies. Tersedia : www chem.uwimona.edu.jm:1104
Morran J, Vizualizing in teaching chemistry, EUAC, Urbana, 2003 tersedia: http://chemviz.ncsa.uiuc.edu
Rodgers Glenn, (1994), Introduction to Coordination, Solid State, and Descriptive Inorganic Chemistry, Singapore : Mc Graw - Hill
Suyanti D Retno, (2006), Pembekalan Kemampuan Generik Bagi Calon Guru Melalui Pembelajaran Kimia Anorganik Berbasis Multimedia Komputer, Disertasi, SPS UPI, tidak diterbitkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (https://creativecommons.org/licenses/by/4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).