PENINGKATAN KOMPENTENSI GURU IPA MELALUI PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMP NEGERI DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Sarmauli Sitorus

Abstract


Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah dikarenakan perlunya pembinaan peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu diantaranya menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian Tindakan Sekolah  merupakan salah satu sarana yang tepat untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelolaan pembinaan oleh pengawas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPA dalam pelaksanan pengelolaan proses pembelajaran, mengetahui penyebab guru kurang mampu dan mengetahui jenis-jenis kekurangan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pengelolaan proses pembelajaran, dalam hal ini menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terbukti signifikan meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada pembelajaran IPA di SMP. Hasil pengamatan tentang penyusunan RPP dan LKPD berbasis STAD dalam pelatihan/pearteaching Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 20% dan hasil pengamatan tentang pelaksanaan proses pembelajaran mengalami peningkatan 16,11%. Jadi dengan pelatihan/pearteaching guru-guru menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kompetensi pegagogik guru IPA di SMP

Keywords


Kompetensi pedagogik, proses pembelajaran, model STAD

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I.,(2008).Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. Cetakan Pertama.Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Djamarah, S.B., Zain, A. (3013), Strategi Belajar Mengajar, PT. Rineka Cipta., Jakarta.

Hamalik, Oemar.,(2001). Proses Belajar Mengajar. Penerbit Budi Aksara,Bandung.

Joyce, Bruce, Marsha Weil, 2009, Models of Teaching, Yogyakarta, Pustaka Belajar.

Panjaitan, B.,(2007). Evaluasi Program Pendidikan. Penerbit Poda, Medan

Rusman, (2012), Model-model Pembelajaran, Rajawali Pers, Jakarta.

Sanjaya, W.,(2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Penerbit Kencana, Jakarta.

Sardiman, (2011), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta.

Slavin, R.E.,(2008).Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik.Penerbit Nusa Media, Bandung.

Sudjana,N. (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A.,(2009), Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Penerbit Pustaka Pelajar,Yogyakarta.

Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progressif, Kencana, Jakarta

Warsono., Hariyanto, (2016), Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, Bandung, Rosdakarya Offset




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9998

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN