PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK OPTIKA GEOMETRIS

Makmur Sirait, Anju Efreddi Sihombing

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berpikir induktif (inductive thinking) dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometris kelas X semester II SMA Negeri 20 Medan. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas X-MS semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas X-MS 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas X-MS 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 10 soal yang telah divalidkan oleh validator, observasi sikap dan keterampilan siswa berupa lembar penilaian yang digunakan oleh observer. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 47,65 dan kelas kontrol adalah 46,67; nilai rata-rata postes kelas eksperimen 82,70 dan kelas kontrol 70,80. Nilai rata-rata sikap siswa dalam pembelajaran pada pertemuan I sebesar 70,1; pertemuan II sebesar 74,1; pertemuan III sebesar 80,7 dan pertemuan IV sebesar 83,8. Nilai rata-rata keterampilan siswa dalam pembelajaran pada pertemuan I sebesar 78,7; pertemuan II sebesar 80,4; pertemuan III sebesar 84,6; dan pertemuan IV sebesar 88,9. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung  > ttabel yaitu (5,021 > 1,668). Dimana a = 0,05 artinya H0 nya ditolak dan Ha nya diterima sehingga ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berpikir induktif (inductive thinking) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optika geometris di kelas X semester II SMA Negeri 20 Medan.

Keywords


berpikir induktif, hasil belajar, optika geometris

Full Text:

PDF

References


Anderson dan David., (2010), Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran,dan Asesmen, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Aprilianti, N.F.F., dan Sugiarto, B.,(2014), Penerapan Model Pembelajaran Induktif Untuk Melatih Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Materi Larutan Penyangga, Unesa Journal Of Chemical Education 3(2): 247-248

Arends, R. I, (2013), Belajar Untuk Mengajar, Salemba Humanika, Jakarta.

Arikunto, S., (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Dimyanti, dan Mudjiono, (2013), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Hasan, M., (2013), Inductive Thinking Model of Teaching: Increase Capacity to Handle Information, Indian Journal of Research 2: 71-72

Hasriani, (2012), Peranan Model Pembelajaran Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIIA SMP Aksara Bajeng, Jurnal Pendidikan Fisika 2(3): 216-218

Jihad, A dan Abdul, H, (2013), Evaluasi Pembelajaran, Multi Presindo, Bantul.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoum, M., (2011), Model-Model Pembelajaran Sains, Edisi Delapan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mondal, B.C., (2013), A Comparative Study For Teaching Chemistry Through Inductive Thinking Model and Advance Organizer Model, Internasional Journal on New Trends in Education and Their Implications 4(02):10-16

Sagala, S., (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfabeta, Bandung

Sanjaya, W., (2010),Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan), Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Sudjana, (2005), Metode Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sudjana, N., (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Susanti, S., Taksonomi Bloom (Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor). https://santisusanti1995.wordpress.com/2013/12/10/ (diakses tanggal 31 Maret 2017)

Trianto, (2013), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Predana Media Group, Jakarta.

Uno, H.B., (2011), Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Warsono dan Hariyanto, (2016), Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, Rosdakarya Offset, Bandung




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9999

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 1537 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN