PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA DASAR SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 LAGUBOTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui hasil belajar membuat pola dasar badan wanita dewasa secara konstruksi tanpa menggunakan media pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti. 2) Mengetahui hasil belajar membuat pola dasar badan wanita dewasa secara konstruksi dengan menggunakan media flipchart. 3) Mengetahui adanya pengaruh penggunaan media flipchart terhadap hasil belajar. Penelitian ini adalah quasi eksperimen yaitu penelitian yang membandingkan kelas perlakuan (eksperimen) dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (kontrol). Populasi penelitiannya seluruh kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling yakni kelas X Tata Busana 1 sebanyak 30 orang kelas eksperimen dan kelas X Tata Busana 2 sebanyak 30 orang kelas kontrol. Kesimpulan penelitian : 1) Kecenderungan hasil belajar membuat pola dasar badan atas wanita dewasa secara konstruksi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional cenderung tinggi, yakni terdapat 5 siswa (16,7%) berada pada kategori tinggi, 25 siswa (83,3%) berada pada kategori cukup. 2) Kecenderungan hasil belajar membuat pola dasar badan atas wanita dewasa secara konstruksi yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran flipchart cenderung tinggi, yakni terdapat 30 siswa (100%) berada pada kategori sangat tinggi.3) Hipotesis menyatakan terdapat pengaruh signifikan dengan menerapkan media pembelajaran flipchart terhadap hasil belajar pembuatan pola dasar badan atas wanita dewasa secara konstruksi di kelas X tata busana SMK Negeri 1 Laguboti dapat diterima.
Full Text:
PDFReferences
Azhar, Arsyad (2013).Media Pembelajaran.Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi (2013). DasarDasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Akasara.
Purwanto (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabetata.
DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v1i1.24208
Article Metrics
Abstract view : 419 timesPDF - 234 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.