PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT KELAS X SMK NEGERI 1 BERIGIN

Luthfiyyah Luthfiyyah, Farihah farihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran E-book mata pelajaran Teknologi Menjahit pada siswa kelas X Tata Busana sebagai bahan ajar atau sumber belajar di SMK Negeri 1 Beringin. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (research & development). Penelitian pengembangan ini melalui tiga tahap yaitu: 1) Analisis kebutuhan, 2) Pengembangan produk, dan 3) Validasi dan uji coba produk. Tahap uji coba produk meliputi uji coba kelompok kecil, kelompok sedang, kelompok besar dan uji kelayakan produk. Hasil penelitian diperoleh berupa: 1) Produk media pembelajaran E-book mata pelajaran teknologi menjahit sesuai dengan materi silabus dan RPP yang diterapkan di SMK Negeri 1 Beringin; 2) Media pembelajaran layak digunakan baik dari segi pembelajaran,isi, dan tampilan program. Kelayakan media pembelajaran E-book mata pelajaran Teknologi Menjahit berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, masing-masing terdiri dari dua validator masuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata (94,2%) untuk ahli media dan (90,6%) untuk ahli materi. Uji coba kelompok kecil rata-rata keseluruhan aspek (80,7%) kategori “Baik”. Uji coba kelompok sedang rata-rata keseluruhan aspek (85%) termasuk kategori “Baik”, uji coba kelompok besar rata-rata keseluruhan aspek (87,4%) termasuk kategori “Baik” dan uji efektivitas produk siswa rata-rata keseluruhan aspek (93,1%) termasuk kategori “Sangat Baik”, hasil penilaian efektifitas guru adalah (93%) kriterianya “sangat baik”.


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. (2011). Bab ii kajian teori. Bab II Kajian Teori.

Fauzani, A. R., Novrita, S. Z., & Dewi, S. M. (2018). Pengembangan Modul E-Book Pada Mata Kuliah Perawatan Kulit Wajah Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. https://doi.org/10.24036/jptk.v1i4.2923

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suharsimi, A. (2013). Metodologi penelitian. In Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v1i1.24209

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.