ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR ORNAMEN DENGAN SUMBER IDE PRIMITIF PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERASTAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menggambar Ornamen dengan sumber ide primitif kelas X SMK Negeri 1 Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kemampuan siswa menggambar Ornamen dengan sumber ide primitif kelas X Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Kriya TekstilSMK Negeri 1 Berastagi yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sample, jumlah sampel penelitian 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan hasil menggambar Ornamen dengan sumber ide primitif yang diamati oleh 5 observer terdiri dari 9 indikator. Skor data ditentukan menggunakan rentang skor 4-1. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa hasil menjahit rompok siswa SMK Negeri 1 Berastagi berada pada kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah skor rata-rata hasil darimenggambar Ornamen dengan Sumber Ide Primitif dengan jumlah sampel 30 siswa diperoleh 17 siswa (56,66%) dikategorikan sangat baik. Sebanyak 7 siswa (23,34%) dikategorikanbaik. Sebanyak 4 siswa (13,33%) dikategorikan cukup. Dan 2 siswa (6,66) yang dikategorikan kurang. Dapat disimpulkan bahwa hasil menggambar ornamen primitif dengan teknik natural pada siswa kelas X SMK N 1 Berastagi sudah sangat baik.
Full Text:
PDFReferences
Budiyono, dkk. (2008). Kriya tekstil Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Batara Sangti. (1977). Sejarah Batak, Karl Sianipar Company, Balige – Sumatera Utara,
Gustami, SP.(2008). Lukisan Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia
Kudiya Komaruddin. (2008). Keunggulan Batik cirebon.
PH. O.L. Tobing. (1963). The Strukture of The Toba-Batak Belief In The high God, Printed by jacob van Campen, Amsterdam
Robbins, Stephen P & Coulter, Mary. (2010). Managemen Revisi Ke Sepuluh. Jakarta :Erlangga
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitati, Kuantitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto.(2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah.Jakarta:Prenada Media Group
Sewan Susanto, SK. (1973). Seni Kerajinan Batik Indonesia.Jakarta:Departemen Perindustrian RI
DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v1i2.29235
Article Metrics
Abstract view : 153 timesPDF - 141 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.