PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN HIASAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI

Nurhidayati Nurhidayati, Dina Ampera

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat sulaman fantasi menggunakan media video tutorial terhadap siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. 2) Untuk mengetahui hasil belajar membuat sulaman fantasi tanpa menggunakan media video tutorial terhadap siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap hasil belajar membuat sulaman fantasi siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan pada hasil membuat sulaman fantasi. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis menggunakan teknik analisa data uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar membuat sulaman fantasi menggunakan media video tutorial pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi cenderung tinggi yaitu 53,3% dan tingkat kecenderungan hasil membuat sulaman fantasi tanpa menggunakan media video tutorial cenderung rendah yaitu 56,6 %. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 8,28 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dk = 58 sebesar 1,67 . Dengan demikian thitung >ttabel (8,28 > 1,67 ). Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pengunaan Media video tutorial Terhadap Hasil Belajar Membuat Sulaman Fantasi Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.


Full Text:

PDF

References


Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Permai.

Arikunto. (2017). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cecep Kustandi & Bambang Stjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual & Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ernawati, (2008). Tata Busana Jilid 3. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Daryanto, (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hamidin. (2011). Seni Berkarya Dengan Sulaman Benang. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Rohmah, Siti dan Aluna, (2016). Aneka Kreasi Cantik Bordir Dan Sulam. Yogyakarta:

Saufa Sadiman, Arie S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilana & Riyana Cepi. (2014). Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima

Yola, Stefani. (2017). Panduan Lengkap Menyulam. Jogjakarta: Zahara Pustaka

Yuliati, Ida. (2009). Panduan Lengkap Sulam. Surabaya: Tiara Aksa.

Adhi Yoga Utomo dan Diana Ratnawati. (2018). Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di SMK. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata.

Dian Puspita. (2013). Perangkat Lunak Berbasis Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Menghias Busana Kelas X Jurusan Busana Butik Di Smk Negeri 1 Ampelgading Pemalang. Semarang: UNNES.

Mira Marlianti & Wuri Handayani. (2017). Klasifikasi Teknik Stitching Sulaman Sebagai Suface Design Tekstil. Bandung: ISBI Weny Kristiani. (2012). Pengembangan Modul Sulaman Bebas Pada Mata Pelajaran Keterampilan Kerumahtanggaan Di Smp Negeri 4 Yogyakarta. Yogyakarta: UNY




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v1i2.29236

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 307 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor slot