PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX PADA PEMBUATAN MACAM – MACAM POLA LENGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT

Fitri Handayani Nasution, Farihah Farihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasisSwish Max pada mata pelajaran pembuatan pola materi pembuatan macam – macam pola lengandikelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaraninteraktif berbasis Swish Max pada mata pelajaran pembuatan pola mataeri macam – macam polalengandikelasXTata BusanaSMKNegeri1Stabat.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapengembangan media pembelajaran Swish Max pada materi pembuatan macam – macam polalengan ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan yaitu : 1) Hasil penelitian ahli mediadengan presentase 88,29% dengan kriteria “Baik” dan penelitian ahli materi dengan presentasehasil penelitian 95,41% dengan kriteria “Sangat Baik”. 2) hasil uji coba kelompok kecil denganpresentase penilaian 72% dengan kriteria “Baik” sedangkan dengan uji coba kelompok sedangdengan presentase penilaian 74,26% dengan kriteria “Baik” dan uji coba kelompok besar denganpresentase 76,62% dengan kriteria “Baik”. Dengan demikian pengembangan media pembelajaranSwish Max pada mata pelajaran pembuatan pola kelas X di SMK Negeri 1 Stabat dianggap layakuntukdijadikanmedia pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chandra. (2005). Animasi Teks Profesional dengan Swish Max. PT: Maxicom,Palembang.

Dodi, (2008) Animasi dengan Swishmax. Jurnal Proseding Seminar Nasional Pendidikan utami murwaningsih. Surakarta.

Husna, Amalia. (2017) . Menjahit itu Gampang, Jakarta: PT Pb.

Latifah, Imroatun. (2013). Aneka Pola Busana, Tegal waras: KTSP pengayaan pengetahuan.

Muliawan, Porrie (2015). Kontruksi Pola Busana Wanita, Jakarta: Libri ( Anggota IKAPI )

Poespo, Goet. (2000) . Aneka Lengan Baju dan Manset (Sleeves and Cuffs), Yogyakarta: PT Kanisius ( Anggota IKAPI ).

Pratiwi, Djati dkk. (2001) . Pola Dasar dan Pecah Pola, Yogyakarta: PT Kanisius.

Pratiwi,Rahma Zesti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Swish Max Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Panggung Siswa Kelas XII Negeri 1 Beringin, Unimed: Skripsi.

Sanjaya dan Rivai (2012). Media Pembelajaran Edisi Revisi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono (2015). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Susilana, Riyana (2016). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: Wacana Prima.

Siagian, Martin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Swish Max pada mata pelajaran instalasi siswa kelas XI Negeri 1 Percut Sei Tuan, Unimed: Skripsi

Syarif, Maulana Arya (2005). Cara Cepat Membuat Animasi Flash Menggunakan Swish Max, Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v1i2.29237

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF - 265 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.