PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN TEKSTIL SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR

Siti Komariah, Surniati Chalid, Halimul Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pemantangsiantar, 2) Untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran pengetahuan bahan tekstil dengan berbantu media pembelajaran lectora inspire siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pemantangsiantar, 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire terhadap hasi belajar pengetahuan bahan tekstil siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Pemantangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Pemantangsiantar. Jenis penilitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga terdapat dua kelas yang akan menjadi sampel penelitian yaitu kelas X3 dan kelas X4 Tata Busana dengan jumlah keseluruhan 60 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes pilihan berganda yang dijawab benar diberi skor 1 dan salah diberi skor 0, dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan tes hasil belajar yang diberi perlakuan dengan media lectora inspire diperoleh rata-rata skor 84,8 dan varians 5,2 dengan jumlah sampel 30 siswa. Tingkat berdasarkan kategori 7 siswa (23,3%) siswa tergolong tinggi, 14 siswa (46,7 %) siswa tergolong tinggi, 8 siswa (26,7%) siswa tergolong cukup dan 1 siswa (3,3%) siswa yang tergolong kurang atau rendah. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran diperoleh rata-rata skor 61,5 dan varians 5,4 dengan jumlah sampel 30 siswa. Tingkat berdasarkan kategori 1 siswa (3,3%) yang tergolong cukup, 29 siswa (96,7%) siswa yang tergolong kurang atau rendah, dan tidak ada siswa yang tergolong tinggi dan sangat tinggi. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 16,85 dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,99 karena 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 16,85 > 1,99 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire terhadap hasil belajar pengetahuan bahan tekstil siswa kelas X tata busana SMK Negeri 3 Pemantangsiantar.


Full Text:

PDF

References


Ampera, Dina. (2018). Tekstil. Medan: Madenatera.

Arsyad, Azhar, M.A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikuto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yoyakarta: Rineka cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Diakses 9 September 2018 dari www.Bukusekolahelektronik.ke mendikbudwordpress.com

Fasthea, Sholeh. (2015). Merancang Desain Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Lectora Inspire. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: Laboratorium Multimedia Pembelajaran Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.

Gunawan, Belinda. (2012). Kenali Tekstil fashion pro. Jakarta: Dian Rakyat

Goretti, Maria. (2015). Pengaruh Model Memorization Learning Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Tekstil Kelas X SMK Negeri 3

Pemantangsiantar.

Medan:UNIMED

Istinharoh. (2013). Pengantar Ilmu Tekstil 1. Jakarta: Direktur Pembinaan SMK. Diakses tanggal 10 September 2018

Jurusan Pendidikan Teknik Electronika

. (2013). Model Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Lectora. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Diakses pada tanggal 20 September 2018.

Kusrianto, Adi. (2017). Pengetahuan Bahan Tekstil disertai Contoh Kain (Rev,Ed). Surabaya: -

Musfiqqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prustasi Pusta Karya




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v2i1.33612

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.