PENGEMBANGAN MEDIA LECTORA INSPIRE PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR POLA JAS SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN

Qothrun Nada Ma’ruf Batubara, Dina Ampera

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari produk media pembelajaran yang dikembangkan yaitu Lectora Inspire pada kompetensi menggambar pola jas pada siswa kelas XII SMK Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Research and development (R&D). Langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran ini yaitu: (1) Tahap analisis; (2) Tahap pengumpulan data; (3) Tahap pengembangan; (4) Tahap validasi; (5) Tahap akhir produk media. Setelah menghasilkan produk berupa media Lectora Inspire pada kompetensi menggambar pola jas, kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan validasi pada ahli materi dan ahli media. Disimpulkan hasil dari penelitian media Lectora Inspire pada kompetensi menggambar pola jas siswa SMK Negeri 8 Medan sebagai berikut: validasi oleh ahli materi menyatakan bahwa (91,04%) materi “sangat baik” digunakan karena telah memenuhi standart kelayakan isi (90,83 persen) “sangat baik” dan penyajian materi (91,25%) “sangat baik”. Validasi oleh ahli media menyatakan bahwa secara keseluruhan (91,3%) “sangat baik” dengan aspek kelayakan isi media (88,5%), penyajian visual (90%) dan penyajian manfaat (95,5%), ini bermakna bahwa media Lectora Inspire pada kompetensi menggambar pola jas sangat layak digunakan dalam pembelajaran kompetensi menggambar pola jas.


Full Text:

PDF

References


Amalia, Mila. (2016) Seri Pintar Menjahit. Surabaya: Genta Group Production.

Datta DB & Partha Seal, (2018). Various Approaches in Pattern Making for Garment Sector. J. Text. Eng. Fash. Technol., vol. 4, no. 1.

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana Jilid 3. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pedidikan Nasional. E-Book.

Fischer, Anette. (2009). Basic Fashion Design 03 Construction. Ava Publishing SA. E-Book.

Fitinline.com. (2017). Syarat dan Teknik Busana Tailoring.

Hamidah. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire. Jurnal Matematika vol. LV no. 2.

Hardisurya, Irma. (2011). Kamus Mode Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hidayah, Nurul dan Yasnidawati. (2019). Penyesuaian Pola Dasar Busana Sistem Indonesia Untuk Wanita Indonesia Dengan Badan Gemuk. Gorga Jurnal Seni Rupa Vol. 8 No. 1.

Kadaruddin. (2016). Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Kusumaryoko, Prayogo. (2018). Membuat Bahan Tayang Interaktif dengan Lectora Inspire. Malang: PT Litera Mediatama.

Luo, dkk. (2013). Analysis of Effectiveness of Economic Mathematics Multimedia Software Making by Lectora Inspire. Jurnal Informatics and Management Science II, Lecture Notes in Electrical Engineering Vol 205 Springer-Verlag London.

Mioryza (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Batu Beton di SMK Negeri 2 Purwodadi Tahun Ajaran 2015-2016. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Muliawan, Porrie. (2011). Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta: Libri.

Pratiwi, Wandros (2018). Pengembangan Media Lectora Inspire Pada Kompetensi Menggambar Gaun Pesta Siswa SMK Negeri 8 Medan. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Pribadi, Benny A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rohmah (2017). Pengembangan Media Power Point Berbasis Lectora Inspire Pada Pembelajaran Menggambar Busana Kelas X di SMK Negeri 1 Ngawen Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosita dan Surniati. (2014). Konstruksi Pola. Medan: Unimed.

Shalikhah, dkk. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM Vol 20 No.1.

Soekarno. (2015). Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Dasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soekarno. (2018). Buku Penuntun Membuat Pola Busana Tingkat Terampil. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Suryono, dkk. (2010). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Yogyakarta: Dispora.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v2i2.39496

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.