HUBUNGAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 8 MEDAN

Widya Afrianti, Erni Erni, Halimul Bahri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen waktu hasil belajar pembuatan busana industri siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. Mengetahui hubungan antara manajemen waktu terhadap hasil belajar pembuatan busana industri. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data pada variabel manajemen waktu menggunakan angket dan variabel hasil belajar pembuatan busana industri menggunakan lembar pengamatan. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan validasi instrument penelitian dan selanjutnya dilakukan penelitian pada siswa. Hasil penelitian pada siswa kelas XI tata busana SMK Negeri 8 Medan yaitu hasil manajemen waktu diperoleh  = 72,10 Sd = 7,64 identifikasi tingkat kecenderungan sebesar (56,6%) sehingga variabel manajemen waktu (x) cenderung tinggi. Hasil belajar siswa (70%) untuk variabel hasil pembuatan busana industri diperoleh  = 62,5 Sd = 1,25 (y) cenderung tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel x dan variabel y mempunyai koefisien korelasi yang berarti pada taraf signifikan 5%  (ἁ = 1,70). Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai rxy adalah sebesar 1,080 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu terhadap hasil belajar pembuatan busana industri sehingga Hipotesis Alternatif (Ha) diterima yang artinya bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen waktu untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu terhadap hasil belajar pembuatan busana industri dapat diterima atau teruji kebenarannya.


Full Text:

PDF

References


Antonius. 2014. Time management: menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Journal of time management. Jakarta.

D, Bahrur. 2015. Manajemen waktu (konsep dan strategi). Jakarta Binarupa Aksara.

Hamiyah, Nur and Jauhar, Mohammad. 2015. Pengantar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Hisbanarto, Vico, Yakub. 2014.Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Margono S. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novianti, Putri,Yossy. 2017. Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS Mata Pelajaran Ekonomi MAN Kota Blitar. Uin Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rosita, 2008. Manajemen Waktu Yang Efektif. Jurnal pelatihan manajemen diri dalam meningkatkan kinerja guru.

Singh, D. & Jain, S. C. 2013. Working process of time management in SAP HR module. International Journal of Management Research and Reviews, 3. Society of Scientific Research and Education (SSRE), Meerut, IndiaTaylor L. Harold. 2010. Fast track to success series Manajemen Waktu. Tangerang: Binarupa Aksara Publisher.

Sugiyono, 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung Alfabeta, Cv.

Sudijono anas, 2014. Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syafi’i Hi Suryani Ade, 2009. Pengaruh Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan

Indonesia. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini. 2006. Manajemen Teori, Praktik, dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yutika, Tika. 2015. Pengaruh Konsep Diri dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN I Medan Tahun Ajaran 2014/2015:UNIMED




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v3i1.45570

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.