MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG FASHION PADA SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK N 1 AMPEK ANGKEK

Dara Mia Pratiwi, Weni Nelmira

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil mengenai minat berwiraushaa Di Bidang Fashion Pada Siswa jurusan Tata Busana SMK N 1 Ampek Angkek. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perekonomian MEA yang menuntut untuk aktif dalam persaingan global, jumlah pengangguran lulusan tata busana SMK N 1 Ampek Angkek, Sedikitnya lulusan yang berminat dalam wirausaha, kurangnya minat berwirausaha siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui minat berwirausaha siswa SMK N 1 Ampek Angkek ditinjau dari faktor eksternal dan faktor internal. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas XII Jurusan Tata Busana SMK N 1 Ampek Angkek semester Juli-Desember 2021, sampel penelitian seluruh populasi berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Instrument penelitian menggunakan skala likert. Teknik analisa statistika deskriptif yang digunakan adalah mean atau rerata (M), median (Me), standar deviasi (SD) dan tingkat capaian responden (TCR). Hasil analisis data yang di peroleh didalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa minat berwirausaha siswa dilihat dari faktor eksternal masih termasuk dalam kategori kurang setuju dengan hasil 40% siswa dengan nilai (TCR) 70,83% dengan kategori kurang baik, sedangkan minat berwirauasa siswa ditinjau dari faktor internal memperoleh kategori setuju dengan nilai 35% dengan nilai (TCR) 66,8% dengan kategori kurang baik. Adapun saran yang bisa diberikan kepada pihak sekolah adalah untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan kewirauasaan yang menarik dan mampu menumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam berwirausaha dibidang fashion ini.


Full Text:

PDF

References


Al Hafiz, N. S., Nasution, A. A., & Suyar, A. S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha dengan Menggunakan Theory of Planned Behavior dan Perceived Desirability Dimoderasi oleh Gender (Studi Kasus Mahasiswa FEB Prodi Manajemen Universitas Harapan Medan). Jurnal Ekonomi Bisnis Digital, 1(2), 188-198.

Barus, E. S., & Mardi, R. W. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memotivasi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus Pada Pengusaha Salon Kecantikan Di Kecamatam Medan Kota). Oktober 2015.

Ermawati, N., & Ahmad, U. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PKK PRODI TATA BUSANA ANGKATAN 2011. Fashion and Fashion Education Journal, 11(2), 19-24.

Fitriningsih, A. (2012). Minat mahasiswa program studi D3 Tata Busana dalam berwirausaha di bidang busana (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Ginting, Y. A. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Latif, M. N. L. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SISWA SMK N 1 NGAWEN KELAS XI TKR. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 13(1).

Maulani, H. N., & Budiastuti, E. (2022). MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG BUSANA PADA SISWA TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 17(1).

Nurfendah, Y., & Sabatari, W. (2018). Minat Berwirausaha di Bidang Fashion pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 2 Godean. Jurnal Fesyen: Pendidikan dan Teknologi, 7(1).

Rizal, M., Setianingsih, D., & Chandra, R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi wanita berwirausaha (Studi kasus di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(2), 525-534.

Tisa, A., & Anggadwita, G. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Pada Women Entrepreneur Pemilik Usaha Fashion Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 5(2).

Vernia, D. M. (2019). Peranan Lingkungan Sosial Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Smk Cahaya Prima Jakarta. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 30-36.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v3i2.54169

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.