PERUBAHAN DESAIN KEBAYA PENGANTIN PEREMPUAN TRADISIONAL MINANGKABAU PADA UPACARA ADAT MENIKAH DI KOTA PADANG SUMATERA BARAT

Yara Sahira, Yuliarma Yuliarma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan desain busana kebaya pengantin perempuan tradisional Minangkabau pada upacara adat menikah di Kota Padang Sumatera Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data utama diperoleh melalui observasi serta wawancara dan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi serta kajian teori. Informan dalam penelitian ini yaitu ketua bundo kandung kelurahan Parupuk Tabing dan bundo kandung kerapatan adat nagari di Kota Padang. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Bentuk dasar baju yaitu kebaya dalam berubah menjadi bentuk dasar gaun modern, meliputi: ukuran baju dan lengan dari longgar berubah menjadi suai, pada sisi baju dari memakai kikik dan sibar berubah menjadi tidak memakai kikik dan sibar, bentuk leher dari memakai gir berubah menjadi kerah shanghai, panjang baju dari sampai lutut berubah menjadi menutup sampai kaki, bahan dari satin berubah menjadi tille borkat, warna baju dari warna merah berubah menjadi warna-warni seperti putih, emas dan merah muda. Kain yang digunakan songket balapak penuh pandai sikek motif sayik galamai dan bungo manggih berubah menjadi songket pandai sikek dengan motif sayik galamai, bungo manggih, balah katupek, bada mudiak dan pucuak rabuang. (2) Bentuk pelengkap dari salendang bajaik bersulam benang emas berubah menjadi selendang yang terbuat dari bahan tille, dari selop kolom bahan satin warna merah bersulam benang emas berubah menjadi selop tertutup bahan borkat dihias dengan teknik hias payet. (3) Bentuk aksesoris dari suntiang randah, kaluang cakiak, kaluang pinyaram dan galang gadang berubah menjadi mahkota, suntiang randah dan laca kening.


Full Text:

PDF

References


Agustina, M. W. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Membuat Pola Kebaya Untuk Dressmaker Berbasis Android. Jati: Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 1(1), 164-172.

Arifah, A. Riyanto. 2003. Desain Busana. Bandung: YAPEMDO Bandung.

Arni, H., Efi, A., & Rahmiati, R. 2012. Pengembangan Modul Desain Busana dengan Adobe Photoshop Cs3. Journal of Home Economics and Tourism, 1(1).

Harmelia, C., & Yuliarma, Y. 2021. Perubahan Desain Busana Adat Pengantin Wanita Di Kota Pariaman Sumatera Barat. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(2), 515-521.

Efi, A. 2020. Desain Busana Pengantin Tradisional Perempuan Melayu Riau Di Kota Duri Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Jurnal Kapita Selekta Geografi, 3(2), 1-9.

Ernatip, E., & Devi, S. 2014. Kedudukan dan peran Bundo kanduang dalam sistem kekerabatan Matrilineal di Minangkabau. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat.

Puti Reno Raudha Thaib. 2017. Pakaian Adat Jo Tradisi Parampuan Minangkabau. Provinsi Sumatera Barat: Publisher.

Rostamilis. 2005. Penggunaan Kosmetik Dasar Kecantikan & Berbusana Yang Serasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Satina Sutan Aswar. (1999). Antakesuma embroidery in the Minangkabau. Jakarta: Djambatan. Yayasan Andikarya IKAPI dan The Ford Foundation.

Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Soekarno, Lanawati Basuki. (2002). Paduan Membuat Desain Ilustrasi Busana. Jakarta: Kawan Pustaka.

Triyanto. 2012. Aksesoris. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Thaib, P. R. R. 2014. Pakaian Adat Perempuan Minangkabau. Provinsi Sumatera Barat: Bundo Kanduang.

Wardiyanta. 2006. Metode Penelitian Parawisata. Yogyakarta: Cv. Andi. Offset

Yuliarma, Y. 2016. Dasar-Dasar Teknik Pembuatan Busana.

Yuliarma, Y. 2021. Sulaman Benang Emas Tradisional Minangkabau. In: UPTD Museum Adityawarman, Padang, pp. 1-110.

Yuliarma, Y. 2016. The Art of Embroidery Designs: Mendesain Motif Dasar Bordir dan Sulaman.

Yunus, R. R., Efi, A., & Yuliarma, Y. 2014. Studii tentang Busana Pengantin Tradisional Kurai Bukittinggi. Journal of Home Economics and Tourism, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v3i2.54174

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.