PENGARUH BLENDED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ADIBUSANA

Syarifah Suryana, Nurhijrah Nurhijrah

Abstract


Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran blended learning dengan model pembelajaran problem based learning pada mata kuliah Adibusana. 2) mengetahui pengaruh blended learning dengan model pembelajaran problem based learning pada mata kuliah Adibusana. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes (pretest & post-test), dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, uji liniearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Pembelajaran blended learning dengan model problem based learning dengan adanya tindakan siklus I ke siklus II pada mata kuliah Adibusana dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan/tindakan, evaluasi dan refleksi mengalami peningkatan sebesar 6,44%. 2) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan dalam kriteria sangat lemah pada blended learning dengan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Dari data yang ada menunjukan pengaruh sebesar 0,005 (0,05%), dengan diketahui pula nilai signifikansi sebesar 0,722 > 0,05 dimana variabel (X) berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa (Y). Maka thitung > ttabel dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.


Full Text:

PDF

References


Downing, K. (2010). Problem Based Learning and Metacognition. Asian Journal on Education and Learning, 1(2).

Sari, M. (2016). Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta'dib, 17(2), 126-136.

Situmorang. (2012). Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). USU Press Medan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumardi, L. (2020). Does the Teaching and Learning Process in Primary Schools Correspond to the Characteristics of the 21st Century Learning? International Journal of Instruction.

Suryana, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Mata Kuliah Pendidikan Konsumen pada Mahasiswa Tata Busana. Jurnal Pesona, 3(1), 58-64.




DOI: https://doi.org/10.24114/pesona.v3i2.54175

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Fakultas Teknik - Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. +6285375708002
E-mail : pesona@unimed.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.