Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pembuatan Busana Wanita, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pembuatan Busana Wanita. Sampel dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI jurusan Tata Busana yang berjumlah 41 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dengan perhitungan skala likert dan rata-rata hitung (mean). Berdasarkan kriteria tingkat pencapaian ekuivalen, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gambaran minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pembuatan Busana Wanita sudah sangat baik disebabkan dari awal para siswa sudah dibekali dasar Pelajaran Teknologi Menjahit sehingga mereka menunjukkan ketertarikan dan perhatian dilihat dari perasaan senang dan keterlibatan yang ditunjukkan, serta perolehan nilai persentase yaitu 76,37% masuk dalam kategori sangat tinggi. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pembuatan Busana Wanita yaitu (a) faktor internal yang meliputi cita-cita, sikap belajar, dan motivasi nyatanya memiliki pengaruh yang baik dilihat dari sebagian besar siswa memiliki kecenderungan untuk mencari ide ide atau kreativitasnya agar bisa lebih baik sehingga memperoleh nilai dengan persentase 72,20% masuk kategori tinggi sedangkan (b) faktor eksternal yang meliputi teman pergaulan, guru, fasilitas, dan keluarga memiliki peranan yang sangat penting sebab lingkungan keluarga dan sekolah sangat mempengaruhi minat bergantung dari kondisi dan situasi disekitarnya.