Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media moodboard pada mata pelajaran desain dan produksi busana siswa kelas X busana 1 di SMKN 8 Makassar, dan (2) Mengetahui peningkatan keterampilan mendesain busana dengan memanfaatkan media moodboard pada Mata Pelajaran Desain dan Produksi Busana siswa kelas X Busana 1 di SMKN 8 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Busana 1 SMKN 8 Makassar pada semester satu yang berjumlah 33 orang. Data penelitian diperoleh dengan teknik pre test dan post test pada ranah kognitif. Dan lembar unjuk kerja untuk mengukur ranah psikomotor. Teknik analasis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Gambaran pelaksanaan pembelajaran desain dan produksi busana di SMKN 8 Makassar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di mana pada tes awal rata-rata siswa masih tidak tahu apa yang dimaksud dengan moodboard. Pada siklus I hanya sebagian siswa yang mulai memperhatikan penjelasan guru, dan pada siklus II rata-rata siswa sudah mulai tertarik membuat moodboard. 2) Terdapat peningkatan signifikan penggunaan media moodboard pada proses pembelajaran desain dan produksi busana, hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I nilai aspek kognitif adalah 69 dengan ketuntasan hasil belajar 45%, pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 81 dengan ketuntasan belajar 91%. Siklus I ranah psikomotor rata-rata siswa 72 dengan ketuntasan belajar 42% meningkat menjadi rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar 88% pada siklus II. Hasil peningkatan rata-rata ranah kognitif dari siklus I ke siklus II sebanyak 12 dengan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 46%. Hasil peningkatan rata-rata ranah psikomotor dari siklus I ke siklus II sebanyak 8 dengan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 46%.
Kata Kunci: Keterampilan, Mendesain Busana, Moodboard