ANALISIS DAMPAK DARI MARKETPLACE TERHADAP PERTUMBUHAN UMKM DI INDONESIA

Mutiara Akbar Nst, Juandro Prananta Ginting, Annisa Fitri, Khesya Sabilah Rizwinie, Fihi Khoirani Sihotang, Amar Hidayatullah

Abstract


Dalam era digital saat ini, perkembangan marketplace di Indonesia telah memengaruhi pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) secara signifikan. Fokus utama dari laporan ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh kehadiran marketplace terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia, khususnya dalam aspek penjualan, penetrasi pasar, efisiensi operasional, dan daya saing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur dengan menganalisis data relevan yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya dampak dari marketplace terhadap pertumbuhan UMKM Indonesia sangat bernilai positif. Dampak yang diberikan marketplace terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia meliputi dampak terhadap penjualan, dampak penetrasi pasar, dampak terhadap efisiensi operasional dan dampak terhadap daya saing.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v15i1.52266

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 461 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.