PENGARUH HARGA DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN LIFEBOY

Hesti Sabrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  harga, dan emosional terhadap keputusan pembelian sabun Lifeboy. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UMA angkatan 2016 yang berjumlah 672 mahasiswa, dalam pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling  sehingga dapat ditentukan jumlah sampel sebanyak 87 mahasiswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan rumus analisis regresi berganda, dengan rumus : Y = a0 + b1x1 + b2x2 + e  Dari hasil analisis data maka diperoleh persamaan analisis regresi berganda Y = 3,643++. Untuk mengetahui konstribusi variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan koefisien determinasi dengan hasil 9,5%.  Hal ini menujukkan bahwa pengaruh harga, dan emosional terhadap keputusan pembelian pada sabun Lifeboy sebesar 9,5%. Untuk menguji hipotesis digunakan uji signifikansi α sebesar 0,05, dan hipotesis diterima karena signifikansi penelitian < 0,05 (0,000<0,05). Kemudian hipotesis dapat dibuktikan dengan menggunakan uji  F dan uji t yang masing – masing membandingkan tabel dengan nilai F dan t hitung. Dari uji F diperoleh bahwa nilai F hitung > F tabel (6,918>2,68), dengan menggunakan hasil ini dapat dibuat kesimpulan bahwa ada pengaruh  simultan variabel bebas terhadap variabel terikat. ttabel digunakan untuk menghitung pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Nilai t hitung untuk variabel harga adalah 3,150 dan > 1,984 sehingga hipotesis untuk variabel ini diterima. Untuk variabel bebas kedua, emosional telah memperoleh nilai t hitung adalah 2,288 >1,984 dan hipotesis diterima.

 

Kata kunci: Harga, Emosional, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v12i2.9573

Article Metrics

Abstract view : 2998 times
PDF - 2635 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.