ANALISIS KESANTUNAN PADA TUTURAN MAHASISWA DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realisasi dan penyimpangan prinsip kesantunan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah rekaman tuturan mahasiswa saat berkomunikasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, ditemukan realisasi terhadap prinsip kesantunan. Realisasi terhadap prinsip kesantunan ditemukan pada tuturan mahasiswa meliputi semua maksimnya (enam maksim). Realisasi paling banyak ialah terhadap maksim permufakatan, yang diikuti oleh maksim simpati, maksim kesederhanaan, maksim kearifan, maksim kedermawanan, dan maksim pujian. Kedua, terdapat tuturan yang menyimpang dari prinsip kesantunan. Penyimpangan terhadap prinsip kesantunan tersebut meliputi semua maksimnya (enam maksim). Penyimpangan prinsip kesantunan yang paling sering muncul ialah terhadap maksim permufakatan, diikuti oleh maksim pujian, maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim kesederhanaan, maksim simpati.
Kata Kunci: Realisasi, Penyimpangan, Kesantunan Berbahasa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v7i1.10437
Article Metrics
Abstract view : 155 timesPDF - 97 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED)
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.