Penerapan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Kemampuan membaca pemahaman harus dilatih dan diterapkan sejak siswa belajar di Sekolah Dasar agar ke depan mereka terbiasa dan senang membaca. Hal ini tentunya tidak dapat lepas dari peran guru sebagai perencana, pengelola, dan pengevaluasi pembelajaran.
Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaplikasikan ketiga peran guru tersebut adalah pembelajaran aktif. Model pembelajaran ini lebih menekankan pada proses, sehingga siswa dapat belajar dari pengalaman langsung dan konkrit. Selain itu, model pembelajan ini jugadapat mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki siswa sehingga nantinya dapat mencapai hasil yang maksimal. Dengan adanya pengoptimalan potensi yang dimiliki oleh siswa, maka siswa mampu lebih aktif dalam mengikuti setiap pembelajaran dan lebih termotivasi dalam meningkatkan kemampuan membaca di Sekolah Dasar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v8i1.15255
Article Metrics
Abstract view : 120 timesPDF - 439 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED)
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.